Pengertian Dehumidifier, Apa Itu Dehumidifier?

Bagi seseorang yang baru mendengar sebuah dehumidifier alat ini mungkin akan amat terasa misterius. Tapi sebenarnya Anda dapat menemukan alat ini di rak-rak apotek dan beberapa pertokoan besar tapi mungkin tidak yakin dan menyadari keberadaannya. Jika Anda akan membeli alat ini, ketahuilah beberapa hal, apa dehumidifier itu, cara kerjanya, mengapa Anda harus menggunakannya, dan akan digunakan untuk apa.

Alat apa Dehumidifier itu?

Sebuah Dehumidifier adalah perangkat yang menghilangkan kelembaban dari udara. Alat ini menggunakan kipas untuk menyedot udara lembab, yang berhembus menyeberangi serangkaian tabung dingin. Tabung ini menyebabkan kelembaban di udara mengembun dan menetes ke dalam sebuah wadah khusus dari selang. Udara yang kering, ditiup kembali ke dalam ruangan. Siklus ini berulang lagi dan lagi, pengeringan udara itu terjadi lebih dari sekali. Anda bisa mengunjungi artikel sebelumnya tentang perbandingan dehumidifier dengan AC untuk lebih memperjelas pengertian dehumidifier.

Mengapa Harus Menggunakannya?

jamur ruangan lembab

Jamur cenderung tumbuh di lingkungan yang lembab. Jamur ini dapat berkembang dari waktu ke waktu, menyebabkan masalah pernapasan kronis. Beberapa jenis jamur bahkan beracun, menyebabkan sejumlah masalah kesehatan tambahan. Dehumidifier tidak akan menghilangkan jamur, namun akan menguranginya dengan menghilangkan kelembaban dalam bagian tempat jamur yang tumbuh subur. Hama seperti tungau debu juga kurang lebih akan berkembang dalam lingkungan dengan lembab.

Bagaimana Cara Kerjanya?

Seberapa baik dehumidifier bekerja tergantung pada faktor-faktor seperti suhu, ukuran ruangan yang dehumidifier Anda pasang di dalam dan bahan konstruksi yang digunakan. Sebuah dehumidifier bekerja lebih baik di lingkungan yang hangat. Dalam ruangan 70 derajat Fahrenheit, dehumidifier dapat mengurangi kelembaban hingga 35 persen. Jika suhunya menurun, efektivitas dehumidifier juga turun. Dehumidifiers bekerja keras di tempat yang sejuk, seperti basement beton.

Menentukan Ukuran

Ukuran yang dibutuhkan juga tergantung pada ruang yang akan di pasang humidifier. Ukuran Dehumidifiers diukur dengan jumlah liter air yang mereka dapat hilangakan dari udara dalam waktu 24 jam. Biasanya jika ruang Anda adalah seluas 400 meter, Anda akan membutuhkan dehumidifier 30 liter (atau lebih besar). Ketika ruangannya 800 meter persegi, gunakan unit 40-liter. Sebuah ruang dengan 1.000 meter persegi membutuhkan setidaknya unit dengan 50 liter, dan 1.300 meter persegi harus menggunakan dehumidifier 65-liter. Angka-angka ini perlu disesuaikan jika ruangan sangat lembab, seperti kamar mandi, ruang cuci atau ruang bawah tanah lembab.

Beberapa Contoh dehumidifier (penghilang kelembaban)


Tags: ,


Konsultasi Seputar Mesin Industri dan Info Peluang Usaha

  • Penulis : Admin
  • Phone : 0341-48-22-55
  • Call / SMS : 0853-60-20-2010
  • PIN BBM : D8A01C3A
  • Alamat : Little Kyoto, Jl. Ikan Gurami C-1 Malang Jatim

Bagikan Ke teman: