Perbedaan Mesin Pencuci Piring Komersial dan Mesin Pencuci Piring Rumahan


Mesin pencuci piring komersial bisa membuat perbedaan dalam berapa banyak sebuah restoran dapat menyajikan hidangan. Alat pencuci piring / gelas yang tepat bisa menjadi tulang punggung operasi layanan makanan komersial / restoran. Mesin pencuci piring komersial maupun meisn pencuci piring rumahan sangat efisien dalam merawat sejumlah besar barang pecah belah yang membuat mereka dicari. Namun, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui sebelum menyelam ke dalam pembelian mesin pencuci piring stainless steel mengkilap untuk rumah maupun restoran Anda. Di bawah ini Anda akan menemukan perbandingan pencuci piring residensial dan komersial. Banyak orang telah menggunakan mesin pencuci piring di rumah maupun restoran mereka.

Pompa atau perangkat tambahan, seperti pemanas booster, mungkin perlu dibeli untuk pemasangan. Tidak ada peralatan tambahan yang dibutuhkan, hanya listrik dan pipa ledeng saja. Mesin pencuci piring penghunian lebih hemat biaya untuk aplikasi di dalam rumah. Bila menggunakan dalam jumlah besar dan aplikasi cepat, pencuci piring komersial menghemat waktu dan uang. Berikut kami lampirkan perbedaan fitur untuk mesin pencuci piring komersial dengan mesin pencuci piring rumahan / residensial.

A.Electrical & Plumbing

     1. Electrical ( Pertimbangan Listrik )

           Mesin Pencuci Piring Komersial ( Komersil )

Beberapa mesin pencuci piring membutuhkan rating listrik yang lebih tinggi. Sebagai contoh, pencuci piring tegangan tinggi akan memerlukan kabel tambahan atau beberapa pemutus. Mesin pencuci piring dengan pompa deterjen dan pemanas booster memerlukan kabel tambahan juga. Sebagian besar mesin pencuci piring yang tersedia di pasar komersial membutuhkan setidaknya 380v.

Sejumlah besar mesin pencuci piring komersial membutuhkan 3 phase listrik dengan voltage 380V. Bahkan aplikasi komersial biasanya membutuhkan instalasi listrik dari pihak berwenang seperti PLN untuk memperbaharui listrik menjadi 3 phase atau bisa penaikan daya listriknya.

           Mesin Pencuci Piring Rumahan ( Residensial )

Sebagian besar mesin pencuci piring rumahan hanya membutuhkan kabel listrik 115 volt, dan beberapa mesin pencuci piring rumahan bisa disambungkan ke stopkontak hunian / rumah biasa. Hal ini membuat instalasi sangat sederhana. Ini juga berarti bahwa kebanyakan mesin pencuci piring rumahan tidak memerlukan instalasi khusus, jadi Anda bisa menagani / mengoperasikan sendiri tanpa bantuan orang yang ahli.

   2. Plumbing ( Pipa Saluran Air )

  • Mesin Pencuci Piring Komersial ( Komersil )

Mesin pencuci piring komersial tidak dapat menggunakan pipa plastik atau pvc dan alat kelengkapan karena temperatur mesin pencuci piring komersial yang cukup tinggi sehingga pipa normal tidak dapat menahannya. Mesin pencuci piring komersial biasanya tidak memiliki fitur siklus kering. Barang kaca biasanya dapat dikeringkan dalam 30 detik di mesin cuci temperatur tinggi. Pencuci piring komersial mencuci dengan air dalam jumlah banyak. Karena ini, mereka memerlukan pompa pembuangan yang lebih kuat dan paling sering dirancang untuk pengeringan lantai.

  • Mesin Pencuci Piring Rumahan ( Residensial )

Tombol untuk menambah tekanan yang biasanya digunakan dalam proses instalasi mesin pencuci piring rumahan sudah tersedia di kebanyakan toko. Saluran pembuangan yang biasa sudah cukup. Mesin pencuci piring rumahan biasanya rancang dengan pompa pembuangan internal atau sistem pembuangan yang mendorong aliran air keluar dari unit. Oleh karena itu mereka membutuhkan instalasi ekstra.

B. Dishwasher Types

    1. Chemicals ( Bahan Kimia )

  • Mesin Pencuci Piring Komersial ( Komersil )

Mesin pencuci piring komersial biasanya dibagi dalam dua varian : Suhu tinggi dan suhu rendah. Mesin pencuci suhu rendah memerlukan bahan kimia untuk membersihkannya. Bahan kimia ini terkadang tidak dapat ditemukan di toko-toko lokal, karena harus dibeli melalui pemasok kimia berlisensi. Hal ini yang menyebabkan biaya tambahan untuk menggunakan Mesin Pencuci Piring Komersial bertemperatur rendah.

  • Mesin Pencuci Piring Rumahan ( Residensial )

Bahan kimia perumahan tersedia di toko toko pada umumnya, karena tidak memerlukan sabun pencuci piring yang khusus.

    2. Niche Washers

  • Mesin Pencuci Piring Komersial ( Komersil )

Mesin pencuci piring komersial umumnya dirancang untuk kebutuhan spesifik. Untuk pengaturan bar, Anda mungkin perlu berinvestasi di mesin cuci kaca komersial. Rak pencuci kaca tambahan dapat dibeli untuk mengubah jenis beban mesin cuci, namun Anda harus terlebih dahulu meneliti jika jenis rak yang berbeda tersedia untuk model yang Anda minati. Rak juga membutuhkan ruang penyimpanan ekstra. (Siapkan banyak rak ruang komersial umumnya cukup besar.)

  • Mesin Cuci Piring Rumahan ( Residensial )

Mesin pencuci piring residensial dirancang untuk mencuci dengan ukuran keluarga dan mencuci sebagian barang dagangan di pasaran.  Pasar melayani konsumen dengan menyediakan lebih banyak peralatan, piring, dll.

C. Output Ventilation & Kemampuan Mesin

    1. Output Uap dan Ventilasi

  • Mesin Pencuci Piring komersial ( Komersil )

Mesin cuci komersial membutuhkan rak dan lantai di sekitarnya untuk dijadikan stainless steel. Output uap akan melengkungkan kayu di sekitarnya (termasuk lantai) dan hal lain di sekitar yang sama yang bukan logam, atau batu, yang rentan terhadap korosi air atau korupsi. Hal ini dapat berlaku untuk pencuci suhu rendah juga. Bahkan restoran memerlukan ventilasi yang tepat untuk masalah keamanan. Bahan kimia yang digunakan pada mesin cuci komersial juga memerlukan ventilasi yang tepat karena efek berbahaya jika terhirup. Periksa peringatan produk dan tindakan pencegahan sebelum membeli dan menggunakan bahan kimia.

  • Mesin Pencuci Piring Rumahan ( Residensial )

Mesin pencuci piring residensial dirancang dengan mengeluarkan sedikit uap yang dapat merusak kabinet atau lantai di sekitarnya. Output uap dapat diatur sesuai setelan pabrik. Mesin cuci perumahan biasanya mengandalkan dua jenis bahan kimia – satu untuk mencuci dan satu untuk siklus bilas / kering. Keduanya bisa dibeli di department store lokal dengan biaya rendah. Mereka umumnya tidak memerlukan ventilasi khusus.

    2. Kemampuan Mesin ( Pengeringan dan Tiga Bowl Sink )

  • Mesin Pencuci Piring Komersial ( Komersil )

Mesin cuci komersial sering menggunakan tangki atau bak untuk menyimpan air panas yang digunakan sebagai air pra bersih di antara siklus. Ini memudahkan siklus pencucian dan menghemat waktu, namun ini merupakan aplikasi yang tidak perlu pada satu siklus pencucian yang biasanya digunakan di rumah.

Seperti yang disebutkan sebelumnya-pencuci suhu tinggi, meski tidak dilengkapi dengan siklus kering, tetapi barang barang kaca seperti piring gelas bsia kering dalam hitungan detik dan keramik kurang lebih 30 detik. Hal ini disebabkan penguapan cepat dari suhu tersebut. Sehingga plastik / karet biasanya tidak dapat dicuci di suhu tinggi (karena leleh).

Kebanyakan mesin cuci komersial tidak dirancang untuk menghilangkan puing-puing besar dari piring, gelas, atau perkakas. Area cuci dapur komersial biasanya mencakup wastafel kompartemen tiga bagian, dan setiap wastafel digunakan untuk menghilangkan kotoran atau partikel besar sebelum dicuci.

  • Mesin pencuci Piring Rumahan ( Residensial )

Saluran air standar untuk mesin cuci perumahan berukuran 3/4 inci. Yang paling banyak tenggelam, jika belum dilengkapi, dapat dimodifikasi dengan alat sederhana untuk menampung saluran pembuangan mesin pencuci piring. (Demikian juga untuk pipa suplai air.)

Bahkan dengan uap dan siklus kering, piring mungkin tidak keluar sepenuhnya kering dan mungkin memerlukan handuk tangan. Siklus sanitasi dari mesin pencuci piring perumahan tidak dapat bersaing dengan mesin pencuci piring komersial. Bahan kimia yang lebih kuat dan temperatur yang lebih tinggi digunakan dengan kelas komersial.

 

D. Pertimbangan Biaya Komersial & Residential

  • Mesin Pencuci Piring Komersial ( Komersil )

Mesin pencuci piring komersial dirancang untuk membersihkan piring dengan cepat. Dengan masa kering yang cepat, ini adalah pilihan terbaik untuk aplikasi komersial, karena kesehatan dan kenyamanan para penerima. Semakin banyak mesin cuci ini dirancang dengan efisiensi energi dan dampak ekologis dalam pikiran. Temperatur tinggi dengan bahan kimia tidak memiliki dampak terbatas pada lingkungan. Meskipun, mesin cuci kimia memerlukan instruksi khusus untuk penanganan dan pengelolaan limbah.

Tagihan air akan tinggi karena mesin cuci komersial membutuhkan banyak air untuk beroperasi. Karena kebutuhan listrik dan konsumsi yang lebih tinggi, tagihan listrik perlu dipertimbangkan. Carilah segel Energy StarTM saat membeli mesin pencuci piring komersial dan residensial.

  • Mesin Pencuci Piring Rumahan ( Residensial )

Mesin pencuci piring residensial dirancang dengan pemikiran ekonomi. Lebih sering dari pada tidak, mereka datang dengan siklus “ramah lingkungan” dan ekonomi. Oleh karena itu, mereka dirancang untuk menghemat uang dan memiliki dampak terbatas terhadap lingkungan. (Ini tidak dijamin dengan semua pencuci rumah. Pastikan untuk membaca dokumentasi sebelum membeli.) Carilah segel Energy StarTM saat membeli mesin pencuci piring komersial dan residensial.




Konsultasi Seputar Mesin Industri dan Info Peluang Usaha

  • Penulis : Aldo
  • Phone : 0341-48-22-55
  • Call/SMS/WhatsApp : 0853-60-20-2010
  • Alamat : Little Kyoto, Jl. Ikan Gurami C-1 Malang Jatim
  • Download Katalog Produk : Download Katalog

Bagikan Ke teman: