Tips Menjaga Loyalitas Pelanggan Restoran Anda


Menjaga loyalitas para pelanggan adalah aset terpenting jika anda memiliki sebuah usaha. Bagaimanapun juga, pelanggan adalah kunci utama untuk mendukung kesuksesan usaha dan untuk mendapatkan keuntungan besar dari usaha yang anda miliki. Jika pelanggan merasa puas dengan layanan, produk dan segala hal yang terkait dengan usaha anda, maka pelanggan juga akan memberikan imbas positif bagi bisnis anda. Mereka akan melakukan repeat order (pembelian ulang) di masa yang akan datang jika memang sudah merasa puas. Sebaliknya, jika mereka belum merasa puas atau kecewa, maka tidak akan ada lagi pembelian ulang dan hal ini akan merugikan anda sebagai pemilik usaha. Untuk itu, menjaga loyalitas pelanggan pada usaha yang anda miliki semacam restoran perlu anda perhatikan.

Berikut adalah tips menjaga loyalitas pelanggan dari sebuah usaha seperti restoran. Tips berikut dapat anda terapkan pada usaha anda.

Ciptakan hubungan saling menguntungkan

Untuk tips pertama yaitu anda harus menciptakan hubungan yang saling menguntungkan. Jadi, dalam berbisnis tidak hanya anda saja yang untung, namun pelanggan juga harus merasakannya. Saat ini, pelanggan sudah mulai cerdas memilih suatu produk sehingga tanpa anda berbicara banyak pun mereka akan mencari informasi terkait produk atau menu restoran anda. Jika anda sudah memiliki pelanggan setia, maka anda bisa memberikan bonus-bonus tertentu, atau hadiah jika ada event tertentu, atau garansi khusus. Dari sini, tidak hanya anda saja yang untung, namun pelanggan juga demikian.

Berikan perhatian kepada konsumen sebelum (before) dan setelah (after)

Sebagai pelaku pasar, anda harus memperhatikan keinginan konsumen dan tidak hanya fokus pada produk/ menu restoran anda saja. Untuk itu, agar konsumen merasa diperhatikan, berikan perhatian khusus kepada mereka baik sebelum maupun setelah melakukan transaksi. Lebih dari itu, anda juga terbuka jika ada pertanyaan, kritik, dan saran dari mereka terkait restoran dan bersedia memperbaikinya. Tidak lupa untuk mengucapkan terima kasih atas perhatian yang diberikan oleh konsumen.

Menawarkan program menarik

Selain dua poin di atas, tips lainnya yaitu menawarkan program menarik. Anda dapat menawarkan program untuk menjadi member atau keanggotaan dari restoran anda. Hal ini akan sangat bermanfaat untuk menjaga loyalitas pelanggan. Mereka yang sering datang ke restoran dan sudah menjadi member bisa diberikan harga khusus. Hal ini juga akan menarik perhatian pelanggan lain untuk mendaftar menjadi member. Tidak hanya itu, mereka yang sering berkunjung juga dapat diberikan bonus sehingga pelanggan akan lebih memilih restoran anda daripada yang lain.

Melakukan follow up

Anda dapat melakukan follow up dan mendata semua costumer yang datang ke restoran. Dengan mencatat, maka anda akan mengetahui seberapa besar perkembangan usaha setiap harinya, apakah pengunjung semakin bertambah atau berkurang. Jika data pelanggan sudah tertulis rapi, maka berikan perhatian saat ia datang. Berikan pertanyaan bagaimana kepuasan mereka terkait menu restoran, layanan, dan segala hal yang terkait. Jadi, jangan hanya mencari pelanggan baru, namun anda juga harus mempertahankan yang sudah ada.

Memberikan keuntungan pada pelanggan setia

Jika anda sudah mengetahui siapa saja pelanggan setia restoran anda, anda dapat memberikan keuntungan kepada mereka. Dalam hal ini caranya beragam, bisa dengan mengajaknya menjadi mitra bisnis atau yang lainnya. Dengan begitu, pelanggan akan tetap loyal terhadap anda. Selain itu, anda harus melakukan survey pesaing anda. Anda harus bisa memberikan sesuatu yang menarik dan yang belum diberikan oleh pesaing anda kepada pelanggan setia tersebut.

Itulah beberapa tips menjaga loyalitas pelanggan restoran anda. Anda bisa mencobanya dari sekarang untuk perkembangan usaha yang anda miliki. Jika usaha berkembang dan loyalitas pelanggan terjaga, maka income juga kemungkinan bertambah. Hal yang perlu anda tanamkan dalam diri adalah, suatu bisnis atau usaha bukan hanya untuk mendapatkan keuntungan semata, namun membuat pelanggan anda puas dengan apa yang anda berikan adalah hal yang utama. Artinya, anda harus menjaga kepercayaan pelanggan, karena tanpa adanya pelanggan, sebuah usaha tidak akan ada artinya.


Tags: ,


Konsultasi Seputar Mesin Industri dan Info Peluang Usaha

  • Penulis : Admin
  • Phone : 0341-48-22-55
  • Call/SMS/WhatsApp : 0853-60-20-2010
  • Alamat : Little Kyoto, Jl. Ikan Gurami C-1 Malang Jatim
  • Download Katalog Produk : Download Katalog

Bagikan Ke teman: