Cara Meningkatkan Efisiensi Mengelola Bisnis Restoran


Kompetisi bisnis saat ini sudah semakin ketat dan kondisi mengharuskan anda untuk selalu meningkatkan efisiensi serta produktivitas pada bisnis anda. Terlebih pada bisnis yang berhubungan dengan makanan atau kuliner seperti restoran. Perusahaan yang memiliki efisiensi tinggi dapat mencerminkan kemampuannya dalam mengelola serta menyelesaikan tiap masalah yang ada dalam waktu cepat yang mana hal ini akan sangat berpengaruh pada biaya / cost. Apapun bisnis yang anda bangun, efisiensi harus tetap diciptakan dan dikembangkan. Anda bersama tim harus selalu mengevaluasi bagaimana keadaan bisnis anda, apa perkembangannya, kekurangannya, dll yang berhubungan dengan efisiensi.

Cara tingkatkan efisiensi bisnis restoran

Seperti yang anda ketahui, restoran adalah bisnis kuliner yang selalu diminati keberadaannya oleh masyarakat. Bisnis kuliner ini, banyak dicari oleh masyarakat karena kebutuhannya. Untuk itu, efisiensi dari suatu restoran harus tetap anda jaga. Lalu, bagaimana untuk meningkatkan efisiensi pada bisnis restoran? berikut penjelasannya.

  1. Mempromosikan kultur secara terbuka.
    Kultur komunikasi terbuka adalah salah satu implementasi komunikasi yang dapat anda terapkan untuk tingkatkan efisiensi. Komunikasi ini harus diterapkan antar departemen yang anda. Setiap departemen dan manajemen di dalam suatu bisnis tidak terkecuali pada bisnis restoran harus saling kolaborasi, melakukan umpan balik, dan saling mendukung sehingga akan tercipta ide-ide menarik dan cepat. Dari sinilah kemudian efisiensi akan tercipta.
  2. Buatlah pekerjaan besar menjadi kecil.
    Pekerjaan besar tentu berat dan membutuhkan waktu lama dalam membuatnya. Anda bisa membagi pekerjaan yang dikategorikan besar tersebut menjadi pekerjaan kecil. Hal ini akan menjadi lebih ringan. Diskusikan dengan tim dan karyawan anda dan limpahkan pekerjaan pada setiap orang sesuai bidangnya agr tercipta efisiensi.
  3. Analisis proyek karyawan.
    Untuk mengukur efisiensi dari karyawan, anda dapat membuat sebuah survey. Dalam hal ini, anda dapat memberi tugas pada setiap supervisor untuk mengontrol atau memonitor stafnya masing-masing. Perhatikan bagaimana mereka menyelesaikan masalah atau menangani pekerjaannya. Setelah itu, anda dapat menemui supervisor tersebut untuk evaluasi kerja dan ciptakan solusi dari sebuah kekurangan. Dengan demikian, efisiensi dari restoran yang anda miliki akan tetap terjaga dan bahkan meningkat.
  4. Tidak terlalu banyak sistem.
    Banyak hal yang diurus sering kali menjadi tidak teratur dan membuat anda menjadi kewalahan. Dalam hal ini, anda dapat membangun sistem satu pintu yang dapat mengkover segala kebutuhan yang dibutuhkan. Dengan sistem satu pintu tersebut, maka akan lebih efisien dan masalah bisa dihadapi dengan baik.
  5. Mengukur target.
    Setiap usaha atau bisnis tentu memiliki target. Anda harus mengukur target secara keseluruhan. Anda dapat bekerja sama dengan pimpinan atau supervisor dalam setiap departemen. Kemudian, anda bisa menulis atau membuat list beberapa target harus dicapai oleh setiap departemen. Atur target dengan baik dan realistis. Dalam hal ini, anda harus memberikan motivasi kepada para karyawan agar mereka tidak keberatan dan bersemangat dalam mencapai target. Bila target telah tercapai, anda bisa melakukan selebrasi atau perayaan dengan semua karyawan yang ada sehingga hal ini menjadi prestasi, kebanggaan serta kebahagiaan tersendiri bagi anda dan karyawan.
  6. Gunakan Teknologi.
    Di era yang seba canggih ini, bisnis tidak bisa dilepaskan dari teknologi, untuk bisnis restoran kami sangat menyarankan Anda menggunakan teknologi seperti mesin kasir, mesin pencuci piring, mesin penanak nasi kapasitas besar, mesin penggorengan kapasitas besar dan banyak lagi mesin berkapasitas besar yang selain mempercepat pekerjaan Anda juga meningkatkan efisiensi dari setiap proses yang dikerjakan di restoran Anda.

Itulah beberapa poin terkait meningkatkan efisiensi bisnis restoran. Meningkatkan efisiensi memang bukanlah hal yang mudah. Namun, jika hal ini dilakukan bersama-sama, maka akan tercapai. Hal ini juga dapat menjadi kesempatan untuk anda dapat meningkatkan kualitas usaha atau restoran yang anda miliki. Jika suatu usaha sudah tercipta efisiensi, maka keuntungan akan tercipta. Tidak hanya bisnis anda yang meningkat, namun talenta karyawan juga menjadi lebih bagus.

Anda dapat menerapkan beberapa poin di atas, jika tidak memungkinkan meningkatkan semuanya. Anda bisa menerapkan satu persatu. Setelah satu poin selesai, anda bisa melangkah ke poin berikutnya tanpa menghilangkan pin lain yang sudah tercapai.

Lebih dari itu, untuk meningkatkan efisiensi dan kemajuan restoran yang anda miliki, anda beberapa hal yang perlu anda perhatikan, antara lain; lokasi restoran strategis, selalu optimis dengan menu masakan yang dimiliki, ciptakan layanan yang baik, tidak menaikkan harga yang besar-besaran, menjaga kualitas, ciptakan sikap bersahabat baik antar karyawan maupun dengan pelanggan. Baca juga tips meningkatkan kecepatan pelayanan dalam mengelola bisnis restoran.

Sumber gambar : colourbox.com


Tags: ,


Konsultasi Seputar Mesin Industri dan Info Peluang Usaha

  • Penulis : Admin
  • Phone : 0341-48-22-55
  • Call/SMS/WhatsApp : 0853-60-20-2010
  • Alamat : Little Kyoto, Jl. Ikan Gurami C-1 Malang Jatim
  • Download Katalog Produk : Download Katalog

Bagikan Ke teman: