5 Tips Cara Menarik Pelanggan Agar Setia Di Restoran Anda


Puas tidaknya para konsumen terhadap produk yang Anda tawarkan, pastinya akan memberikan imbas tertentu bagi perkembangan bisnis Anda. Apabila konsumen mendapatkan kepuasan dari produk yang Anda pasarkan, bisa dipastikan bila mereka akan melakukan pembelian ulang di masa-masa yang akan datang. Dan begitu juga sebaliknya, bila mereka kecewa dengan pelayanan yang Anda berikan, maka tidak menutup kemungkinan bila mereka akan kapok melakukan pembelian di tempat Anda dan berpaling ke perusahaan lain.

Dan anda pasti menyadari bahwa pelanggan dan mereka tidak kembali lagi untuk membeli produk bisnis anda. Perlu di pahami mengapa pembeli tidak kembali? Untuk mengetahui mengapa itu semua terjadi, kita perlu memerhatikan beberapa aspek agar konsumen tetap kembali untuk repeat order (memesan ulang) dan ini menjadikan bisnis kita berjalan terus.

Gambar terkait

Ketika melihat suasana yang sepi tanpa pelanggan, Anda mungkin sebagai pemilik usaha akan melakukan berbagai cara untuk meningkatkan pengunjung restoran Anda. Dan lebih sering daripada tidak, kebanyakan strategi promosi Anda tidak berjalan lancar seperti yang direncanakan. Lantas, harus bagaimana?

1. Berilah sesuatu yang tidak diberi oleh pesaing

Hasil gambar untuk 5 Tips Cara Menarik Pelanggan Agar Setia Di Restoran Anda

Anggap saja anda memiliki bisnis mie, di daerah lingkungan anda juga terdapat pesaing penjual makanan, seperti=> nasi goreng, tahu campur, bubur ayam, bakso, pecel, nasi campur, dll. Strateginya ialah anda memberikan sesuatu bonus saat pelanggan anda telah membeli mie , contoh=> “makan 6 X, bonus 1 X makan”  atau “Setiap ibu hamil, gratis makan disini” yang pasti anda berikan sesuatu yang lebih atau bisa juga membuat produk anda memiliki ciri khas yang berbeda dari tempat lain dan pertahankan ciri khas tersebut dengan menggunakan bahan dengan kualitas yang sama , agar pelanggan anda terus setia membeli produk yang ditawarkan.

2. Promosi “Special Food of The Day” lewat instagram

Sebuah gambar, berjuta makna — ini mungkin tampak seperti pepatah lama, tapi tetap ada benarnya. Unggah foto terbaik dari makanan yang Anda pilih sebagai “Menu of The Day” di akun instagram atau sosial media restoran Anda guna menarik banyak orang yang setidaknya sekadar ingin tahu apakah rasanya sebaik gambarnya.

Gambar terkait

Memiliki akun sosial media sangat bermanfaat bagi bisnis restoran, karena seperti instagram merupakan platform media sosial yang menyediakan fasilitas foto dan juga video pendek.

Alhasil, ini akan banyak membantu Anda dalam membangun program loyalitas untuk pelanggan dan brand image yang kuat hanya di instagram untuk memasarkan bisnis Anda langsung kepada audiens yang lebih besar dalam waktu singkat.

 

3. Tawarkan diskon dan voucher hadiah

Meski tidak dianjurkan untuk mempromosikan penawaran diskon secara gembar-gembor, Anda harus selalu mempertimbangkan menguntungkan klien setia Anda dengan cara yang bijak.

Gambar terkait

Tawarkan mereka diskon bersama dengan struk tagihan mereka atau mengirim kode voucher diskon ke email mereka adalah cara yang sangat berarti untuk berterima kasih kepada mereka, membuat pelanggan merasa istimewa dan mendorong mereka untuk datang kembali, sehingga membantu Anda meningkatkan lalu lintas restoran setiap hari.

 

4. Promosi harus berjalan sepanjang minggu

Sebagian besar promosi harus dijalankan sepanjang minggu. Membatasi ide-ide promosi yang terbaik hanya untuk hari Senin hingga Kamis bukan cara yang ampuh untuk meningkatkan pengunjung restoran karena sebagian besar konsumen tidak akan dapat mengambil keuntungan dari promosi.

Hasil gambar untuk 5 Tips Cara Menarik Pelanggan Agar Setia Di Restoran Anda

Kebanyakan restoran takut mengalami kerugian jika menjalankan promosi sepanjang minggu. Tapi, pandanglah promosi seminggu penuh ini sebagai undangan yang merupakan investasi jangka panjang dari pelayanan customer service (yang mudah-mudahan melibatkan beberapa kunjungan ke depannya). Menempatkan persyaratan “berlaku sampai tanggal xxx” pada item promosi akan menyebabkan kurangnya partisipasi.

5. Siapkan tempat saran atau masukan

Dan yang terakhir secara umum pelanggan sifatnya ingin diperhatikan, mereka tidak mau tahu apakah kita mempunyai pelanggan ratusan atau ribuan tiap hari, mereka hanya berpikir ingin dilayani full service. Salah satu bentuk perhatian kita ialah mendengar keluhan konsumen dengan membuat tempat khusus, bisa dengan kotak suara, nomor untuk menerima keluhan, dan lain-lain. Dilain sisi kita bisa melihat apa yang kurang dari produk kita, entah bisa dari produk sendiri atau dari sisi pelayanan yang kurang layak, itu salah satu cara mempertahankan pelanggan.

Hasil gambar untuk 5 Tips Cara Menarik Pelanggan Agar Setia Di Restoran Anda

KESIMPULAN

Sebenarnya cara mempertahankan pelanggan bisnis sangat banyak beragam cara yang dapat kita lakukan, sesuai dengan kondisi dan kreatifitas kita. Dengan anda telah action bisnis mau gak mau pasti anda berpikir bagaimana cara memajukan usaha anda, dengan cara mendatangkan pelanggan dan mempertahankannya agar tetap setia membeli produk anda. Semoga tips “6 Cara Dahsyat Mempertahankan Pelanggan Bisnis “ menginspirasi anda dan menambah khazanah keilmuan kita semua, mungkin dari para pembaca ada tambahan untuk beberapa tips agar kita saling mengisi dan berbagi pengalaman atau ada pertanyaan yang bisa kita saling diskusikan untuk menyelesaikan masalah pada bisnis.




Konsultasi Seputar Mesin Industri dan Info Peluang Usaha

  • Penulis : Aldo
  • Phone : 0341-48-22-55
  • Call/SMS/WhatsApp : 0853-60-20-2010
  • Alamat : Little Kyoto, Jl. Ikan Gurami C-1 Malang Jatim
  • Download Katalog Produk : Download Katalog

Bagikan Ke teman: