Variasi-Variasi Makanan Sushi

Sushi makanan khas dari Jepang yang saat ini sangat disukai oleh kebanyakan masyarakat Indonesia. Saat ini banyak sekali olahan lain dari sushi yang disesuaikan dengan lidah atau selera masyarakat Indonesia. Namun pada dasarnya sushi memiliki banyak sekali jenis dan variasinya, yaitu :

Nigiri sushi

Nigiri sushi

Nigiri berarti mengepalkan tangan. Nigiri dibuat dengan cara meletakkan makanan lau segar (kebanyakan masih mentah) beserta nasi secukupnya di atas telapak tangan dan membentuknya satu- persatu menggunakan jari-jari. Apabila sudah terbentuk biasanya di ingkat menggunakan noriĀ atau rumput laut. Lauk yang diletakkan di atas sushi juga bisa dalam keadaan matang seperti tamagoyaki atau belut unagi dan belut anago yang sudah dipanggang. Nigiri sushi bisanya di nikmari dengan mencelupkan ke dalam kecap asin dan umumunya dimakan langsung dengan tangan dan dimakan dalam sekali suap

Maki Sushi

Maki Sushi

Sushi yang satu ini berupa gulungan nasi yang di gulung di dalam nori atau rumput laut berisikan potongan mentimun, tamagoyaki dan neta lain. Nasi digulung dengan bantuan sudare (anyaman bambu bentuk persegi panjang).

Maki Suhi dibagi menjadi 3 bagian yaitu :

  • Hosomaki: gulungan ini berisi mentimuan atau tuna dengan diameter minimum 3 cm
  • Futomaki: gulungan yang satu ini berisi bermacam-macam neta dengan diameter diatas 5 cm
  • Temakizushi: nasi digulung sendiri dengan nori sebelum dimakan, neta juga dipilih sendiri dari piring

Nasi Sushi

Nasi Sushi

Sushi ini dimakan bersamaan dengan makanan laut dan sayuran seperti timun, alfukat yang sudah dipotong kecil-kecil. Cara membuat Nasi Sushi yaitu memasukkan nasim dan bahan lainnya di dalam wadah yang terbuat dari kayu, piring, atau mangkok.

Oshi Sushi

Oshi Sushi

Cara membuat sushi ini adalah dengan menyusun nasi dan neta (isi’an sushi) kemudian di pres untuk sementara waktu supaya nasi menjadi padar dan berbentuk persegi panjang. Jika sushi telah terbentuk lalu di potong-potong menjadi kecil-kecil supaya mudah untuk di nikmati. Beberapa oshi sushi ada juga yang dibungkus daun bambu lalu dipres untuk sementara waktu, antara beberapa jam sampai satu malam.


Tags: , ,


Konsultasi Seputar Mesin Industri dan Info Peluang Usaha

  • Phone : 0341-48-22-55
  • Call / SMS : 0853-60-20-2010
  • PIN BBM : 74902334
  • Alamat : Little Kyoto, Jl. Ikan Gurami C-1 Malang Jatim

Bagikan Ke teman:

Produk Mesin yang Berkaitan