Tips Merawat dan Membersihkan Oven

Oven adalah sebuah alat yang mempunyai ruang dan bisa di gunakan untuk memanggang, memasak, memanaskan, ataupun mengeringkan sesuatu terutama makanan. Jenis makanan yang bisa kita masak dengan oven sangatlah banyak dan tidak terbatas contohnya daging, kue, roti ataupun bahan olahan yang lain. Penggunaan oven sangat mudah dan saat ini di pasaran tersedia berbagai jenis oven, dari jenis oven sederhana seperti oven tangkring sampai oven yang mempunyai banyak fungsi pemanasan. Namun untuk penggunaannya sendiri tentu saja harus benar dan tidak asal asalan. Oleh karena itu di butuhkan cara perawatan yang baik dan benar.

1

Proses merawat dan membersihkan oven baik oven tangkring, oven gas, oven listrik ataupun oven microwave hampir sama. Untuk membersihkannya tidaklah terlalu rumit , kita bisa menggunakan baking soda atau garam dan cuka. Baking soda mempunyai manfaat untuk membersihkan, untuk membersihkan stainles, alat dapur dan salah satunya untuk membersihkan oven. Campur baking soda dengan air dan aduk sampai menjadi pasta. Lapisi seluruh bagian oven dengan pasta ini untuk beberapa saat, lalu bersihkan dengan spons hangat dan keringkan. Sedangkan untuk membersihkan dengan garam dan cuka cukup kita masukan kedalam botol penyemprot lalu kita bisa semprotkan ke semua bagian oven dan lap denan air bersih.

Untuk proses perawatan ataupun penggunaan ada beberapa langkah yang harus kita perhatikan :

  • Setelah menggunakan oven bukalah pintunya untuk beberapa saat. janganlah langsung mengelap oven dalam keadaan panas karena selain berbahaya bagi kita juga akan menimbulkan masalah pada oven seperti timbulnya goresan atau menyebabkan kaca rusak.
  • Sisa dari masakan kue ataupun bahan minyak mungkin akan membuat oven bau dan kotor. Semprot dengan garam dan cuka lalu panaskan oven selama beberapa menit agar masakan dan kerak yang mengering tadi mudah dibersihkan.
  • Hubungi pihak service apabila pemanasan dalam oven jadi lebih lambat atau lebih lama, hal ini di sebabkan karena semakin meinipisnya busa peredam panas di dalam oven yang menyebabkan suhu di dalam oven cepat panas.

Terima kasih, semoga bermanfaat.


Tags: , ,


Konsultasi Seputar Mesin Industri dan Info Peluang Usaha

  • Phone : 0341-48-22-55
  • Call / SMS : 0853-60-20-2010
  • PIN BBM : 74902334
  • Alamat : Little Kyoto, Jl. Ikan Gurami C-1 Malang Jatim

Bagikan Ke teman:

Produk Mesin yang Berkaitan