Tips Memilih Mesin Mixer Roti

Sering buat kue untuk acara-acara tertentu atau punya usaha kue? pada jaman dahulu kita sering mengocok bahan adonan menggunakan alat pengaduk kue, dengan cara menggunakan tangan yang membuat pegel-pegel karena kita harus mengaduk sampai adonan rata sempurna. Sekarang pekerjaan mengaduk adonan sudah sangat mudah dengan adanya alat pengaduk adonan roti atau mixer, mesin ini menggunakan listrik untuk prosesnya dan membuat pekerjaan ibu rumah tangga atau pemilik usaha roti menjadi lebih mudah dan menyenangkan. Mesin mixer ini wajib dimiliki oleh ibu-ibu atau bagi mereka yang memiliki hoby membuat kue. Mengaduk adonan merupakan pekerjaan paling melelahkan dalam proses pembuatan kue atau roti ini karena membutuhkan waktu dan energi yang banyak agar adonan tercampur dengan sempurna. Dengan menggunakan mixer pekerjaan mengaduk adonan bisa dilakukan dengan cepat dan tidak membutuhkan tenaga yang banyak.
Bagi anda yang memiliki hobi atau usaha kue hati-hati dalam membeli mixer karena apabila salah membeli bisa jadi mesin mixer roti tidak kita gunakan.

mesin mixer roti cs-20

Jenis-jenis mixer ada tiga yaitu:

  • Stand mixer adalah mixer yang mempunyai wadah adonan yang besar dan langsung dilengkapi 3 pengaduk yang bisa diganti-ganti sesuai adonan. Cara menggunakannya sangat mudah dengan didirikan atau diletakkan diatas meja, dengan segala kelebihannya dapat mengaduk bermacam-macam adonan dan mampu mengaduk dalam volume yang besar.
  • Hand mixer atau mixer tangan, ini dilengkapi dua pengaduk adonan. Ukurannya kecil namun cocok untuk membuat kue, tapi bisa melelahkan jika digunakan untuk mengaduk adonan dalam jumlah yang banyak.
  • Stick mixer atau mixer tongkat ini adalah mixer terkecil dibanding jenis lainnya. Cara menggunakannya cukup memasukkan alat ke dalam mangkuk atau wadah adonan yang akan di mixer. Stick mixer hanya cocok untuk mengaduk adonan dalam jumlah terbatas. Biasanya digunakan untuk memblender buah dan sayur.

Sebaiknya perhatikan pertimbangan dalam membeli mesin mixer berikut ini:

  • Pengoperasiannya tidak ramai, pilih mixer yang suaranya tidak berisi atau jangan sampai terdengar suara menderu.
  • Bobot, pilihlah mixer dengan unit yang kokoh sehingga tidak mudah terguncang saat digunakan. Namun jangan yang terlalu beray agar mudah dipindahkan atau disimpan.
  • Kecepatan, fitur kontrol kecepatannya tidak terlalu ribet. Petunjuk angkanya juga jelas. Untuk mixer biasa hanya da 3 tingkat kecepatan namun untuk mixer yang khusus adonan dalam jumlah banyak fiturnya memiliki 6 tingkat kecepatan.
  • Aturan dan kapasitas, dalam mengaduk adonan idealnya 5kg apabila untuk usaha kue dan membutuhkan jumlah yang besar ada kapsaitas lebih dari 8 kg sampai 75kg.
  • Pengaduk, pilihlah pengaduk yang terbuat dari stainless steel.

Semua mesin mixer baik dan memiliki kelebihannya sendiri-sendiri, tergantung anda bagaimana cara memilih mixer yang tepat dan pas buat kebutuhan. Artinya tidak kurang dan berlebihan, apabila kurang maka pekerjaan tidak optimal dan jika berlebihan artinya kita pemborosan.




Konsultasi Seputar Mesin Industri dan Info Peluang Usaha

  • Phone : 0341-48-22-55
  • Call / SMS : 0853-60-20-2010
  • PIN BBM : 74902334
  • Alamat : Little Kyoto, Jl. Ikan Gurami C-1 Malang Jatim

Bagikan Ke teman:

Produk Mesin yang Berkaitan