Mencuci Sayuran Yang Tepat

Sayuran hijau yang segar wajib dicuci sebelum dikonsumsi. Tujuannya adalah untuk membersihkan segala kotoran yang melekat, mungkin berasal dari udara, tanah, atau bahan kimia seperti pestisida. Proses pencucian sayuran memang dapat mengurangi kandungan vitamin dan mineral yang ada di dalamnya. Tetapi dengan cara yang tepat, hilangnya nutrisi dari sayuran yang dicuci dapat dikurangi.

QX-32

Berikut adalah cara-cara mencuci sayuran yang tepat :

  • Cuci tangan dan alat masak

Sebelum mencuci sayuran atau buah sebaiknya tangan dan alat masak dicuci dengan bersih. Dengan cara ini, sayuran dan buah akan terhindar dari cemaran bakteri dari tangan dan alat masak.

  • Cuci dengan air yang mengalir

Mencuci di dalam air tidak mengalir kurang disarankan karena bisa menyebabkan kotoran menempel kembali ke dalam sayuran dan buah. Jadi cucilah pada air yang mengalir agar kotoran larut dalam air.

  • Gunakan sikat lembut

Untuk sayuran berkontur dan berbiku seperti umbi jalar, kentang, labu siam, atau pare, kotoran seringkali melekat disela-sela sayuran. Cuci menggunakan sikat yang lembut agar kotoran atau sisa tanah yang melekat dapat terangkat.

  • Cuci dulu baru dikupas atau dipotong

Mencuci sayuran dan buah sebaiknya dicuci bersih dulu baru dikupas dan dipotong-potong. Dengan cara ini, daging buah atau sayuran tidak tercemar oleh kotoran yang melekat di kulit buah atau permukaan sayuran.

  • Rendam larutan garam

Untuk sayuran tertentu seperti brokoli, kembang kol, dan petai.Jenis sayuran hijau yang padat seperti brokoli dan kembang kol perlu direndam dengan larutan garam beberapa saat untuk menghilangkan kotoran yang menempel. Mengapa? Mencuci di bawah air mengalir tidak efektif untuk membersihkan kotorannya. Setelah direndam sebentar, barulah bilas di bawah air mengalir agar bersih optimal.

  • Cegah reaksi browning

Sayuran dari umbi seperti kentang, ubi jalar, atau singkong akan berubah warna setelah dikupas karena bereaksi dengan udara (browning). Rendam sayuran ini menggunakan air bersih sebelum diolah agar warna tetap segar.

  • Cuci, rebus, baru potong

Jika sayuran dijadikan lalapan. Sayuran sebaiknya dicuci bersih, direbus, baru dipotong-potong. Memotong sayuran sebelum direbus akan menyebabkan vitamin akan larut di dalam air rebusan dan terbuang percuma.

Nah itulah cara-cara yang patut Anda perhatikan ketika mencuci sayuran. Jangan sampai sayuran yang kaya akan vitamin malah menjadi racun atau malah tidak bermanfaat apa-apa bagi tubuh Anda.




Konsultasi Seputar Mesin Industri dan Info Peluang Usaha

  • Phone : 0341-48-22-55
  • Call / SMS : 0853-60-20-2010
  • PIN BBM : 74902334
  • Alamat : Little Kyoto, Jl. Ikan Gurami C-1 Malang Jatim

Bagikan Ke teman:

Produk Mesin yang Berkaitan