Membuat Bola Bakso Menggunakan Mesin Pencetak Bakso

Bakso adalah makanan yang dipercaya berasal dari Republik Rakyat China (RRC) pada awal mulanya. Namun bakso sudah menjadi makanan yang sangat terkenal dan menjamur di Indonesia. Bakso pada khususnya menjadi icon kota Solo dan Malang. Namun seiring populernya makanan yang terbuat dari campuran daging giling dan tepung ini, hampir kota-kota besar di Indonesia seperti Makassar, Jakarta, Medan, Balikpapan, SUrabaya, dll sudah mulai menjamur para pejual bakso. Pada umumnya bakso terbuat dari daging sapi tetapi ada juga bakso yang terbuat dari ikan, ayam bahkan udang. Dan mulai banyak dijual di supermarket dalam bentuk kemasan.

 

mesin-pencetak-bakso--(mesin-meat-balls-maker)-sxw-280_n2big

Cara membuat bakso, dimulai dengan bahan utama yang harus tersedia dengan keadaan fresh.

  • Daging sapi, pilih daging sapi yang masih segar, bebas urat, sedikit lemak agar menghasilkan bakso yang bermutu baik. Pemilihan daing sapi yang segar sangat mempengaruhi rasa dari bakso itu sendiri karena daging yang segar akan menjamin kualitas dan hasil bakso yang kenyal.
  • Ikan, pilih jenis ikan yang berdaging putih seperti ikan kerapu, tenggiri, kakap, atau ikan gabus akan menghasilkan tekstur bakso yang lebih kenyal. Karena ikan berdaging putih lebih banyak memiliki aktin dan myosin sehingga membuat daging ikan lebih padat dan mudah dibentuk. Bakso ikan yang baik berwarna putih, mengkilap, kenyal dan halus.
  • Udang, pilih udang yang segar, buang sungut, kepala dan kulitanya hingga bersih. Lalu cincang hingga halus.
  • Ayam, pilih ayam yang muda sehingga tidak alot. Yang digunakan adalah daging ayam bebas tulang. Meskipun tidak sekenyal daging sapi tapi untuk saat ini sudah mulai banyak yang dimanfaatkan untuk bakso.

 

Membuat adonan bakso akan sangat mudah dengan menggunakan bleder daging tapi untuk slaka industri lebih baik memakai mesin penggiling daging atau meat grinder. Apabila anda menggunakan daging yang fresh tanpa menggunakan bahan pengenyal bakso pun, bakso yang anda buat sudah kenyal. Berbeda jika anda menggunakan daging beku. Dengan menggunakan mesin penggiling daging adonan bakso akan halus hanya dengan hitungan detik. Uleni dengan air es sekitar 15 % dari berat daging dan beri bumbu penyedap lain seperti lada dan garam, sedikit demi sedikit tambahkan tepung kanji jangan terlalu banyak agar cita rasa daging tetap kuat sampai proses pencampuran adonan kalis. Setelah mendapatkan adonan yang kalis, anda bisa langsung membentuk bakso bulat-bulat sesuai keinginan anda dengan menggunakan mesin pencetak bakso dimulai dengan ukuran diameter 15 MM sampai 30 MM dapat mencetak bakso hingga 230 butir/menit. Dengan menggunakan mesin pencetak bakso akan sangat efisien karena tidak membutuhkan karyawan yang banyak, hemat waktu, lebih higienis dan bentuk baksonya seragam.Bakso yang menggunakan mesin pencetak bakso langsung turun ke bak yang berisi air hangat namun untuk bakso ikan hubungan dengan kran air di bagian belakang mesin pencetak bakso.

 

mesin pencetak bakso




Konsultasi Seputar Mesin Industri dan Info Peluang Usaha

  • Phone : 0341-48-22-55
  • Call / SMS : 0853-60-20-2010
  • PIN BBM : 74902334
  • Alamat : Little Kyoto, Jl. Ikan Gurami C-1 Malang Jatim

Bagikan Ke teman:

Produk Mesin yang Berkaitan