Membuat Bakso Ikan Yang Sehat Dengan Mesin Pencetak Bakso

Bakso adalah makanan khas Indonesia yang sangat populer, pada umumnya bakso dibuat dari bahan dasar daging sapi giling dan tepung tapioka. Berdasarkan nama dagingnya bakso dibedakan menjadi 3 jenis yaitu bakso daging sapi, bakso ayam dan bakso ikan. Membuat bakso haruslah dengan bahan dasar yang bergizi salah satunya bakso ikan. Ikan yang digunakan untuk membuat bakso dipilih dari ikan yang memiliki kadar gizi tinggi, tidak terlalu amis, masih fresh dan lezat. Membuat bakso dari bahan dasar ikan bisa menggunakan ikan air tawar, air payau maupun air laut.
Bakso ikan yang baik memiliki kriteria-kriteria tertentu, seperti:

  • Bentuknya harus berukuran seragam, bulat halus dan cemerlang.
  • Warna putih merata.
  • Rasanya gurih, lezat dan rasa ikannya lebih dominan (sesuai dengan bahan dasar ikan yang digunakan).
  • Bumbu berbau tajam dan aroma khas ikan rebus lebih terasa.
  • Teksturnya elastis, tidak alot (liat), tidak ada serat daging, tidak ada duri ikan, tidak lembek, dan tidak basah berair.

 

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Bahan tambahan yang digunakan untuk membuat bakso ikan adalah tepung tapioka karena mempunyai kandungan karbohidrat yang tinggi dan berfungsi sebagai bahan pewarna putih dan khas. Penambahan garam yang memberikan rasa gurih, pelarut protein, pengawet dan meningkatkan daya ikan air dari protein daging. Fungsi penambahan gula untuk mengikat air yang terkandung dalam bahan pangan, memberikan cita rasa manis dan mempunyai sifat pengawet. Untuk tekstur dipengaruhi oleh kadnungan airnya. Penambahan air pada bakso diberikan dalam bentuk es batu atau air es agarsuhu adoan selama penggilingan menggunakan mesin penggiling daging tetap rendah. Air ditambahkan sampai adonan mencapai tekstur yan diinginkan.
Bahan tambahan yang lain dalm pembuatan bakso ikan adalah rempah-rempah seperti jahe, bawang putih, bawang merah dan merica. Rempah-rempah berfungsi untuk menambah cita rasa dan aroma.

Membuat bakso ikan agar sesuai dengan kriteria diatas lebih baik menggunakan mesin pencetak bakso. Agar bentuknya seragam dari ukuran terkecil hingga besar. Mesin pencetak bakso adalah mesin yang biasa dipakai untuk mencetak bakso secara otomatis dengan ukuran berbagai jenis. Dengan mesin cetak bakso, anda bisa mencetak bakso sesuai dengan ukuran yang anda inginkan. Menggunakan mesin pencetak basko mmebuat pekerjaan anda menjadi lebih efisien, efektif dan higienis. Sangat cocok untuk anda yang memiliki usaha bakso atau baru memulai. Bisa diaplikasikan untuk mencetak bakso sapi, basko ayam dan bakso seafood (ikan). Khusus untuk mencetak bakso ikan hubungkan selang di bagian belakang mesin.

mesin pencetak bakso




Konsultasi Seputar Mesin Industri dan Info Peluang Usaha

  • Phone : 0341-48-22-55
  • Call / SMS : 0853-60-20-2010
  • PIN BBM : 74902334
  • Alamat : Little Kyoto, Jl. Ikan Gurami C-1 Malang Jatim

Bagikan Ke teman:

Produk Mesin yang Berkaitan