Macam Macam Kopi di Indonesia

Kopi adalah nama dari biji bijian yang hasil dari pengolahan biji bijian tersebut mampu menghasilkan minuman yang sangat enak. Jenis kopi indonesia yang sering kita kenal adalah Kopi Arabika dan Kopi Robusta. Perbedaan dari kopi arabika dan robusta terletak pada rasa, dimana kedua spesies itu tumbuh, namun ada satu lagi kopi yang memiliki cita rasa tinggi dan banyak yang menyebut kopi ini adalah yang paling eksotis yaitu kopi luwak indonesia.

Nama dari kopi berasal dari bahasa arab yaitu “qahwa” atau berarti kekuatan, cerita singkatnya dikarenakan oleh seorang pemuda penggembala kambing di di timur tengah yang memakan buah merah seperti blueberry dan mendapat energi seketika. Dari qahwa mengalami perubahan bahasa menjadi kahveh dan menjadi kaffie dalam bahasa belanda lalu masuk ke Indonesia menjadi nama kopi.

kopi-espresso

Jenis kopi indonesia yang sering kita ketahui adalah kopi tersebut, namun seiring berkembangnya pengetahuan kini minuman kopi sudah bisa di olah menjadi minuman kopi berbagai rasa dari berbagai resep kopi. Macam macam minuman kopi tersebut diantaranya adalah :

Espresso

Kopi Espresso adalah minuman sari kopi yang dihasilkan dari ekstrasi kopi dengan menyemburkan air panas bertekanan tinggi. Resep kopi espresso tidak lain adalah biji kopi atau bubuk kopi berkualitas tinggi untuk menghasilkan cita rasa yang sempurna. Kopi espresso yang dibuat dengan cara yang benar akan menghasilkan rasa manis keasaman dan terlapisi oleh lapisan kuning yang disebut dengan creme, jadi kopi espresso tidak memerlukan tambahan gula, kecuali bagi anda yang menyukai rasa manis. Kopi Espresso cocok dinikmati kapanpun.

Kopi espresso

Mochacino

Kopi Mochacino adalah minuman kopi yang paling sering di temui di cafe, di bar, restaurant,dll. Resep kopi mochacino adalah kopi hitam atau kopi espresso yang dicampur dengan coklat panas dan diatasnya diberi dengan busa susu. Coklat panas yang digunakan adalah coklat yang kental sehingga rasanya tidak kalah dengan espresso.

mocachino

Capucino

Kopi Capucino adalah minuman kopi yang sudah diketahui oleh banyak orang di dunia. Resep kopi capucino adalah kopi hitam atau kopi espresso yang di campur dengan susu dan dilapisi busa atau foam susu spesial diatanya. Untuk lebih menggugah selera, biasanya capucino ditaburi coklat bubuk sebagai pelengkap atau untuk hiasa agar lebih menarik.

capucino1

Caffe Latte

Caffe Latte adalah minuman kopi yang cara membuat dan menyajikannya sangat mudah. Resep kopi Caffe Late adalah kopi hitam atau kopi espresso yang dicampur dengan susu murni. Latte mempunyai takaran susu lebih banyak dari capucino sehingga rasa susunya lebih terasa. Cocok dinikmati pagi hari waktu sarapan.

Latte

Kopi Luwak Indonesia

Merupakan kopi yang paling eksotis di kalangan masyarakat, yaitu kopi luwak indonesia. Memiliki rasa yang paling nikmat diantara kopi lainnya, namun tentu saja untuk harga kopi luwak indonesia yang asli sangat mahal, yaitu 1 juta – 2 juta rupiah setiap kilonya. Resep kopi luwak adalah hewan luwak di budidaya khusus untuk pembuatan kopi luwak, hewan luwak mampu memilih biji kopi yang benar benar baik dan masak, biji kopi sebelum keluar dari pencernaan luwak di fermentasi secara alami di perut luwak, dari proses inilah sehingga mampu menghasilkan kopi yang nikmat dan lezat.

Indonesians Farm Civet Cats To Produce World's Most Valuable Coffee

Berikut adalah jenis kopi indonesia yang sering disajikan di supermarket, warung kopi, cafe, dll. Setelah kita tahu beberapa macam minuman kopi, untuk lebih memudahkan para penikmat kopi mari kita simak juga tentang mesin pembuat kopi disini.

Terima kasih, semoga bermanfaat.




Konsultasi Seputar Mesin Industri dan Info Peluang Usaha

  • Phone : 0341-48-22-55
  • Call / SMS : 0853-60-20-2010
  • PIN BBM : 74902334
  • Alamat : Little Kyoto, Jl. Ikan Gurami C-1 Malang Jatim

Bagikan Ke teman:

Produk Mesin yang Berkaitan