Cara Perawatan Display Cooler Untuk Memaksimalkan Fungsinya

Display cooler atau mesin pendingin minuman sudah tidak asing lagi bagi kita semua apalagi bagi pemilik usaha seperti cafe, restaurant, supermarket atau toko-toko terdekat disekitar lingkungan kita yang biasa digunakan untuk mendinginkan minuman. Display cooler memang sangat menunjang sekali dalam penjualan karena selain mendinginkan minuman, display cooler juga memajang atau sebagai etalase yang mempercantik tampilan apabila ditata dengan benar. Karena display cooler atau mesin pendingin minuman ini mempunyai banyak fungsi, kita harus merawatnya dengan benar agar tidak rusak dan tetap awet. Perawatan display cooler ini bertujuan untuk mengoptimalkan fungsi mesin, menjaga mesin agar selalu beroperasi dengan normal, memperpanjang umur mesin atau agar tetap awet, dan yang terakhir meminimalisir tingkat kerusakan mesin.

Ini beberapa tips untuk merawat mesin pendingin minuman atau display cooler :

  • Membersihkan unit kondensor

Bersihkan unit kondensor dari debu yang menempel sebulan sekali. Apabila unit kondensor dibantu oleh fan kondensor bersihkan fan kondensornya 6 bulan sekali. Unit kondensor sangat berpengaruh besar dalam proses pendinginan suatu mesin pendingin. Jika kondensor kotor maka proses pendinginan melambat dan daya yang digunakan akan semakin besar serta akan mengakibatkan kerusakan pada unit kompresor.

  • Membersihkan unit evaporator

Bersihkan unit evaporator dari kotoran yang menempel menggunakan sikat atau kuas. JIka unit evaporator banyak bunga es, cairkan dengan mematikan mesin dan biarkan mencair sendiri. Jangan membersihkannya dengan memukul dengan benda tajam karena akan merusak unit evaporator. Jika kondensor kotor maka proses pendinginan melambat dan bahkan tidak dingin sama sekali.

  • Mengecek control electrical

Mengecek kontrol electrical pada mesin pendingin minuman atau display cooler hanya bisa dilakukan oleh teknisi untuk mencegah kerusakan. Tujuannya untuk mengecek kekencangan sambungan kabel, mengecek tegangan dan ampere.
Merawat mesin pendingin sangatlah tidak gampang karena sirkulasi udara yang di dalam ruangan yang didinginkan ataupun diluar dan bahkan tempat mesin pendingin minuman yang ditempatkan akan berpengaruh besar dalam operasional suatu mesin pendingin.

Masalah yang sering terjadi adalah rusaknya motor kompresor, yang mengakibatkan motor kompresor cepat rusak adalah kurangnya perawatan pada display cooler atau mesin pendingin. Minimal kita lakukan car perawatan seperti diatas. Untuk memaksimalkan fungsi display cooler.

mesin pendingin minuman




Konsultasi Seputar Mesin Industri dan Info Peluang Usaha

  • Phone : 0341-48-22-55
  • Call / SMS : 0853-60-20-2010
  • PIN BBM : 74902334
  • Alamat : Little Kyoto, Jl. Ikan Gurami C-1 Malang Jatim

Bagikan Ke teman:

Produk Mesin yang Berkaitan