Cara Merawat Mesin dari Stainless Steel

Bahan stainless steel mempunyai ciri mengkilap serta tidak berpori, menjadikannya material ini sangat kuat dan higienis, cocok untuk berbagai macam keperluan seperti peralatan makan, peralatan rumah sakit, interior dan eksterior. Karena stainless steel adalah bahan tahan karat maka untuk merawatnya cukup dengan menjaganya tetap bersih, jika tidak dirawat bisa bernoda karena kontaminasi seperti lemak dan debu.

stainless steel

Meskipun sama-sama berlabel anti karat alias stainless steel ternyata tidak semua peralatan benar-benar 100% tahan karat. Jenis yang 100% tahan karat biasanya lebih berat, mengkilap dan membubuhkan stempel kadar tahan karatnya di balik tiap produknya. Selain itu peralatan makan yang benar-benar tahan karat harganya relatif mahal. Masalah utama peralatan anti karat ini adalah mudah menjadi kusam dan bergores. Karena itu sebaiknya setelah dipakai, cuci dan segera keringkan.

Cara menghilangkan noda agak keras atau kusam yang merata, Anda bisa membeli obat khusus untuk menggosok bahan ini di toko interior dan peralatan makan. Ikuti saja petunjuk pemakaiannya. Bahan-bahan yang ada di rumah juga dapat dijadikan pembersih apalagi staeinless steel yang berkerak dan lengket seperti pada sink (bak cuci piring atau kompor gas). Gunakan campuran cuka, spiritus dan alkohol, masukkan kain lap ke dalam larutan tersebut dan gosokkan. Setelah itu cuci dengan air sabun yang dicampur air hangat kemudian disiram air. Setelah melakukan hal ini, noda tidak akan mudah melekat . Bisa juga gunakan campuran 1/4 cangkir sabun pencuci piring, 1/4 cangkir cairan pemutih, 2 sendok makan amoniak dan 2 sendok makan air. Aduk rata. Gosok dengan kain lembut yang sudah dibasahi campuran tersebut. Setelah digosok, bersihkan dengan sabun pencuci piring lalu bilas kembali dan keringkan. Cara lain larutkan 2 sendok makan soda kue dengan 1/2 gelas air perasan jeruk nipis. Siram rata dan diamkan beberapa menit. Setelah itu gosok dengan spons cuci piring sampai bersih. Bilas dengan air dan keringkan.

Sebaiknya simpan peralatan anti karat stainless steel ini di tempat yang kering. Hindari tempat yang lembap karena udara lembap memudahkan timbulnya noda dan kusam pada permukaan peralatan makan ini. Jika berbentuk sendok, garpu atau pisau, simpanlah dalam kotak tertutup yang bersekat agar tidak saling bergesekan. Sedangkan yang berbentuk piring atau mangkuk sebaiknya bungkus dengan kertas roti yang tipis agar tidak bergores dan terlindung dari kontak udara langsung.


Tags: , , ,


Konsultasi Seputar Mesin Industri dan Info Peluang Usaha

  • Phone : 0341-48-22-55
  • Call / SMS : 0853-60-20-2010
  • PIN BBM : 74902334
  • Alamat : Little Kyoto, Jl. Ikan Gurami C-1 Malang Jatim

Bagikan Ke teman:

Produk Mesin yang Berkaitan