Cara Menjernihkan Minyak Bekas Pakai

Minyak habis pakai atau yang lebih di kenal dengan minyak jelanta ini bisa kembali anda jernihkan dengan cara yang cukup mudah. Kebanyakan bahan dan caranyapun sangat mudah kita temui dan dapatkan di sekitar kita.

7 cara menjernihkan minyak

 

Berikut ini 7 cara menjernihkan minyak bekas pakai :

1. Buah Mengkudu

Sari buah mengkudu memang sudah sejak lama digunakan orang untuk menjernihkan minyak jelantah. Minyak jelntah sebanyak 250mL dapat di jernihkan dengan satu buah mengkudu berukuran besar.

Cara penggunaan
Buah mengkudu yang telah masak ditumbuk kemudian diambil sarinya. Sari yang diperoleh kemudian dicampur ke dalam minyak jelantah dan didiamkan selama 5 – 10 menit. Setelah itu minyak dipanasakan sampai suhu 50 derajat celcius dan dipertahankan sampai minyak berwarna jernih. Minyak kemudian disaring untuk dipisahkan dengan endapan yang terbentuk.

2. Arang Sekam

Arang sekam yang dicampur kemudian digoreng dengan minyak jelantah ternyata mampu menjernihkan minyak tersebut. Hasilnya telah diuji secara fisika dan kimia menunjukkan bahwa penggunaan arang sekam dapat mendaur ulang minyak jelantah menjadi minyak baru yang kualtiasnya mendekati minyak goreng segar

Cara Penggunaan
Masukkan sebanyak 1% b/b arang sekam kedalam minyak jelantah kemudian dipanaskan sambil diaduk. misal 1 gram arang sekam untuk 100 gram minyak jelantah. Jika minyak sudah tampak jernih, campuran diendpakan lalu disaring untuk memisahkan antara minyak dengan arang sekam.

3. Arang Kayu

Arang kayu lebih mudah ditemui dan harganya lebih murah. Dalam prakteknya, arang atau karbon bisa menjadi aktif atau disebut karbon aktif yang dapat menyerap berbagai senyawa sehingga sering digunakan sebagai absorbent.

Cara Penggunaan
Arang kayu kira-kira sebesar genggaman tangan orang dewasa sebanyak 2 buah, digerus sampai halus menjadi serbuk. Serbuk tersebut lalu dicampur ke dalam minyak jelantah tanpa dilakukan pemanasan. Biarkan selama kurang lebih 5 menit kemudian disaring menggunakan kain.

4. Arang biji salak

Biji salak yang biasanya dibuang begitu saja dapat diproses lebih lanjut menjadi arang biji salak yang fungsinya lebih bagus dari arang biasa ketika digukanan untuk menjernihkan minyak jelantah.

Cara Penggunaan
*susah dilakuin di rumah*
biasanya orang laboratorium yang jago urusan ini
Minyak goreng bekas dipanaskan pada suhu 40, 50, 60 dan 70 derajat Celcius, kemudian direaksikan dengan arang biji salak dengan variasi berat 10, 25, 50 gram dan variasi waktu pengadukan 20, 40, 60, 80, 100 dan 120 menit. Campuran minyak goreng bekas dengan arang biji salak kemudian dilakukan proses pemisahan dengan cara filltrasi/penyaringan.

5. Menggunakan ampas nanas

Ampas nanas memiliki kemampuan menyerap seperti karbon aktif sehingga dapat menjernihkan minyak. Bukti perbaikan kualitas minyak terlihat dari meningkatnya titik didih, titik asap dan menurunnya kadar asam lemak bebas serta angka peroksida.

Cara Penggunaan
Pertama ampas nanas sebanyak 1-3 Kg di cuci bersih, lalu dikeringkan dengan suhu 160 derajat celcius dengan oven biasa selama 60 menit hingga terbentuk karbon. Setelah itu dihaluskan dengan blender. Setelah terbentuk serbuk, direndam lagi selama 3 jam di minyak jelantah. Perbandingannya 3 liter ampas nanas untuk menjernihkan 20 liter minyak jelantah. Setelah 3 jam, disaring menggunakan kain.

6. Menggunakan Nasi

Nasi ? Iya, nasi yang ditanak dari beras ! Nasi yang biasanya digunakn sebagai makanan pokok ternyata dapat menjernihkan minyak yang kotor akibat remah-remah sisa penggorengan yang tertinggal di dalam minyak.

Cara Penggunaan
Segenggam nasi dipadatkan hingga keras setelah itu dimasukan kedalam penggorengan yang masih panas. Nasi tadi kemudian ditekan-tekan dan digoreng. Endapan akan menempel pada nasi dan minyak kembali jernih.

7. Menggunakan Filter Sederhana

Filter ini menggunakan Arang dan Zeolit. Bahan lain yang digunakan adalah Air dan Soda Api ( KOH atau Potassium Hidroksida ).

Cara Penggunaan
Mula-mula disiapkan sebanyak 3 botol kaca, botol pertama diisi dengan zeolit kemudian arang kayu. Botol kedua diisi dengan bahan yang sama hanya saja ukuran dari zeolit dan arang kayu lebih kecil ( dihaluskan ). Botol ketiga tidak diisi.
Minyak jelantah dimasukkan pada botol pertama, ditunggu beberapa menit kemudian disaring dan dimasukkan ke botol kedua. Dari botol kedua, dimasukkan botol ketiga, dicampur dengan air dan soda api. Didiamkan beberapa menit sampai jernih lalu disaring. Minyak siap dipakai.

Jika anda akan menjernihkan minyak dalam jumlah banyak Anda dapat menggunakan Mesin Oil Filter yang ada di MesinRaya. Untuk informasi dan pemesanan silahkan menguhungi marketing kami


Tags: , ,


Konsultasi Seputar Mesin Industri dan Info Peluang Usaha

  • Phone : 0341-48-22-55
  • Call / SMS : 0853-60-20-2010
  • PIN BBM : 74902334
  • Alamat : Little Kyoto, Jl. Ikan Gurami C-1 Malang Jatim

Bagikan Ke teman:

Produk Mesin yang Berkaitan