Cara Mengocok Telur Supaya Mengembang dengan Baik

Telur merupakan kompinen utama dalam pembuatan adonan kue. Adonan kue sangat berpengaruh pada mengembang atau tidaknya telur saat pengocokan. Memang saat dipikirkan sangat mudah untuk melakukannya Anda hanya perlu memecahkan telur, menuang dalam wadah, memisahkan bagian kuning dan putih kemudain mengocoknya. Namun banyak sekali yang gagal membuat kue atau hasil kuenya bantet karena tidak mengetahui cara mengocok telur yang baik dan mengembang

telur

Pastikan Menggunakan Wadah yang Bersih

Hal yang menembel di wadah yang Anda gunakan untk mengocok telur seperti sisa minyak atau kotoran lain dapat membuat telur yang anda kocok menjadi tidak mengembang dengan sempurna. Oleh karena itu selalu pastikan wadah yang Anda pakai bersih, akan lebih baik jika menggunkan wadah yang terbuat dari kaca, keramik, atau stainless stell hindari penggunaan wadah dari plastik karena sangat sulit dibersihkan dari minyak.

Pilih Telur yang Masih Segar

Sebaiknya Anda membeli telur yang hendak dijadikan bahan membuat kue langsung dari peternak ayam, karena sangat sulit membedakan telur yang masih segar dan tidak segar jika dilihat dari bagian kulitnya. Kemungkinan kue akan mengembang dan lezat akan semakin besar jika telur yang Anda gunakan semakin segar, tidak akan rugi memakai telur yang masih segar.

Atur kecepatan Pengocokan

Gunakan kecepatan pengocokan sedang tidak terlalu cepat saat Anda melakukan pengocokan putih telur. Jika Anda menggunkan mixer gunakan kecepatan dua dari tiga jika mixer Anda memilik kecepatan maksimal dinomer enam gunakan atau pilih nomer empat untuk pengocokan.

Pisahkan dari kuning telur

Selalu pisahkan kuning telur dan putih telur saat pengocokan, kocoklah kuning telur secara terpisah sampai benar-benar mengembang kemudian campurkan dalam putih telur.

Jangan Pernah campurkan dengan gula pada tahap awal

Jangan langsung menyampurkan gula saat Anda mengawali mengocok putih telur untuk bahan adonan kue. Biasakan campurkan gula setelah telur benar-benar mengambang. Adonan putih telur sudah mulai terlihat mengkilap dan tidak tumpah saat Anda membalikkan wadah, serta saat disentuh dengan ujung jari, putih telur bentuknya melengkung adalah pertanda telur sudah mengembang

Semoga bermanfaat!


Tags: , , ,


Konsultasi Seputar Mesin Industri dan Info Peluang Usaha

  • Phone : 0341-48-22-55
  • Call / SMS : 0853-60-20-2010
  • PIN BBM : 74902334
  • Alamat : Little Kyoto, Jl. Ikan Gurami C-1 Malang Jatim

Bagikan Ke teman:

Produk Mesin yang Berkaitan