Cara Menghias Kue Ulang Tahun dan Bagaimana Menyimpannya

Sejarah kue tart berasal dari jaman romawi kuno yang dihidangkan untuk perayaan-perayaan tertentu, misalnya acara ulang tahun. Bentuk kuenya bulat dibuat dari bahan tepung, ragi, buah-buahan, kacang-kacangan dan pemanis menggunakan madu yang dioleh menggunakan mesin mixer roti. Namun tidak semua masyarakat romawi kuno dapat menikmati kue tart hanya orang-orang kaya saja yang dapat merayakan hari kelahiran menggunakan kue tart sekaligus meniup lilin lambang dari umur yang sedang berulang tahun. Seiring adanya revolusi industri akhirnya kue ulang tahun menjadi merakyat dimana penjualan bahan dan alat semakin mudah didapat karena harga yang terjangkau.

Kue tart biasanya di dekorasi dengan indah agar lebih menarik dan diberi nama atau ucapan selamat. Untuk lilin pada jaman kuno diletakkan diatas kue tart sebanyak jumlah umur yang berulang tahun, seriring berkembangnya waktu lilin yang dipakai lebih simple menggunakan lilin angka. Ada juga yang hanya meletakkan satu lilin di atas kue tart sebagai tradisi keberuntungan. pada awalnya meniup lilin untuk mengidentifikasi umur yang akan datang tapi saat ini meniup lilin untuk membuat permohonan atau yang sering disebut dengan “make a wish”.

Kue tart pada masa kini lebih modern, tidak hanya terpaku pada bentuk yang bulat tapi bisa juga berbentuk persegi, persegi panjang dan bentuk susun. Cara menghias kue tart agar menarik harus diperhatikan tips-tips berikut ini:

1. Perhatikan bentuk

Saat membuat kue tart lebih baik dipikirkan terlebih dahulu bentuk kuenya dan hiasan seperti apa yang akan dibuat, jika waktu yang anda miliki tidak banyak maka gunakanlah loyang yang bentuknya kecil dan hiaslah dengan lebih menarik.

2. Tujuan membuat kue

Untuk apa kue tart dibuat? untuk acara ulang tahun anak kecil, ulang tahun remaja, ulang tahun orang tua atau ulang tahun pernikahan tentunya memiliki dekorasi yang berbeda-beda. Untuk dekorasi kue ulang tahun anak harus dibuat lebih ceria, ulang tahun remaja lebih fresh dan manis, Untuk ulang tahun orang tua di dekorasi lebih simple dan elegan dan untuk kue ulang tahun pernikahan di dekorasi lebih mewah dan anggun.

3. Kreativitas

Untuk membuat kue kita harus bisa menuangkan kreativitas kita agar kue tart lebih menarik jangan takut untuk gagal tapi lakukanlah yang terbaik. Mencari inspirasi melalui internet, media televisi atau ikut kursus menghias kue. contohnya jika kita akan menghias kue tart untuk anak-anak dekorasi yang cocok adalah kartun, jadi sebaiknya anda lebih memahami bentuk-bentuk kartun seperti Doraemon, Spongebob, Mickey mouse, dll.

 hero lemon 2

4. Alat dan bahan

Setelah mendapatkan ide untuk dekorasi kue tart yang harus dilakukan adalah menyiapkan alat dan bahan, seperti piring berputar, gilingan kue (rolling pin) yang biasanya digunakan untuk menipiskan butter cream atau poundant, kantong/plastik dekorasi yang digunakan untuk mengisi butter cream, spuit yang berbentuk corong dengan berbagai bentuk hiasan yang digunakan untuk mengeluarkan butter cream dari plastik dekorasi, kertas berpola untuk permukaan kue tart yang akan dihias agar lebih terlihat rapi, dan yang terakhir adalah berbagai macam cetakan kue kering untuk membuat hiasan seperti bunga dan binatang.

Setelah kue tart jadi, alangkah lebih baiknya disimpan ditempat dengan tingkat kelembapan tinggi (humidity) 70 ~ 80% untuk menjaga kesegaran (daya simpan) dan dengan suhu +2 ~ +8 derajat celcius. Dengan spesifikasi tersebut maka diperlukan mesin khusus yaitu mesin CURVED GLASSS CAKE/CHOCOLATE SC. Fitur-fitur yang dimiliki mesin curved glass cake/chocolate sc adalah heater anti embun, sensor defrost, fan cooling, digital control, design elegan, exterior full kaca, lampu interior, adjustable shelf, dan granite panel. Cake showcase bisa juga berfungsi sebagai chocolate showcase dengan setting suhu +15 ~ +18 derajat celcius dan humidity 70 ~ 80%.

mesin-pemajang-kue-(coutertop-cake-showcase)-s-550a_n1big




Konsultasi Seputar Mesin Industri dan Info Peluang Usaha

  • Phone : 0341-48-22-55
  • Call / SMS : 0853-60-20-2010
  • PIN BBM : 74902334
  • Alamat : Little Kyoto, Jl. Ikan Gurami C-1 Malang Jatim

Bagikan Ke teman:

Produk Mesin yang Berkaitan