Cara Memilih Daging Khusus Steak dan Cara Pemanggangan Yang Benar

Ada yang suka makan steak? hampir semua orang suka dengan makanan yang berbahan dasar daging ini, selain nikmat kandungan gizi dalam daging yang banyak juga sangat bermanfaat dalam tubuh. Namun terlalu banyak makan daging atau olahannya seperti steak sapi akan membuat kadar kolestrol dalam tubuh meningkat. Bagaimana mengolah steak yang baik dan sehat? Cara pertama dengan memilih daging kualitas yang terbaik, daging yang baik berwarna merah darah, tidak lengket ketika dipegang, tidak berlendir, tidak berbau amis. Tidak semua daging cocok untuk dijadikan steak ini yang membuat harga steak sangat mahal karena daging yang super sebagian besar impor dari luar negeri seperti Australia dan Skotlandia, setidaknya ada 3 jenis daging yang super untuk di jadikan steak yaitu:

  1. Wagyu adalah jenis daging yang sangat berkualitas tinggi karena diselimuti marbling, banyak juicenya dan enak. Meskipun di selimuti marbling akan tetapi daging ini rendah lemak sangat cocok bagi anda yang ingin diet. Memasak wagyu sebaiknya jangan sampai matang sempurna karena akan menghilangkan cita rasa khas wagyu sebaiknya di panggang sampai medium well.
  2. Black angus jenis daging yang wangi, mempunyai rasa khas dan juicy. Rasa khas ini disebabkan oleh berkumpulnya semua lemak pada bagian daging dengan lemak berwarna putih tidak kekuningan. Meskipun banyak lemaknya akan tetapi aman dikonsumsi karena lemak akan mecair dalam suhu yang tidak terlalu tinggi. Dan yang paling penting adalah daging jens black angus ini sangat empuk sekali.
  3. Grain fed adalah jenis daging yang selama hidup lebih banyak makan kacang-kacangan daripada makan rumput. Hal ini yang membuat daging jenis Grain fed terasa enak.

steak daging sapi

Setelah memilih daging yang bagus selanjutnya cara membuat steak deangan cara memotong daging dengan ketebalan 1-2 inch agar saat dipanggang daging tidak cepat kering, dengan ketebalan yang cukup daging akan menghasilkan juice yang banyak. Daging yang sudah dipotong jangan lupa untuk diberi bumbu seperti bawang putih bubuk, lada bubuk, garam atau bumbu dapur lainnya sesuai dengan selera anda untuk menciptakan cita rasa yang menggugah selera tanpa harus diberi saus atau mentega lagi untuk mengurangi kadar lemak pada daging sehingga menghasilkan steak yang sehat dan nikmat. Langkah selanjutnya adalah proses pemanggangan, siapkan Gas Flat Griddle sesuai dengan yang anda butuhkan bisa menggunakan listrik dan gas, panaskan dengan suhu 300-400 derajat celcius atau gunakan pengukur suhu untuk mencapai tingkat kematangan yang pas dan sesuai dan jangan lupa untuk mengoleskan minyak pada tempat pemanggang agar tidak lengket. Panggang steak dengan tingkat kematangan yang anda inginkan, usahakan jangan membolak-balikkan daging steak apabila satu sisi belom benar-benar matang, biarkan satu sisi matang sempurna terlebih dahulu baru kita balik untuk sisi yang satunya. Jangan coba-coba membalik daging steak menggunakan garpu hal ini membuat daging sobek dan mengeluarkan juice dari daging terbuang sia-sia. Setelah daging matang dengan sempurna angkat dan diamkan sekitar 5 menit baru dapat dikonsumsi.

mesin-pemanggang-(gas-flat-griddle)-hgg-753_n1big




Konsultasi Seputar Mesin Industri dan Info Peluang Usaha

  • Phone : 0341-48-22-55
  • Call / SMS : 0853-60-20-2010
  • PIN BBM : 74902334
  • Alamat : Little Kyoto, Jl. Ikan Gurami C-1 Malang Jatim

Bagikan Ke teman:

Produk Mesin yang Berkaitan