Tips Memulai Bisnis Guest House yang Efektif

Sama seperti sebuah hotel yang menyediakan tempat tidur dan sarapan, guest house adalah salah satu jenis akomodasi yang sering di ditemui di lingkup kawasan perumahan pribadi. Guest house biasanya menyediakan sarapan teh maupun kopi, yang menjadikannya sebuah hunian semi-catered atau self-service. Tidak seperti akomodasi yang segalanya dipenuhi seperti hotel, villa, dan apartemen, guest house menyediakan sedikit kenyamanan serasa di rumah, sambil tetap menawarkan privasi. Banyak pemilik properti yang berpikir untuk memulai bisnis guest house karena mereka memiliki ruang yang cukup di properti mereka yang terpisah dari rumah utama tetapi masih dapat diakses.

Guest house bisa menjadi sebuah bisnis kecil yang sangat menguntungkan jika Anda dapat mengesankan tamu Anda dan mendapatkan pelanggan yang loyal dan terus kembali ke tempat Anda. Banyak tamu lebih memilih menginap di guest house karena suasana yang nyaman seperti di rumah dan pelayanan ramah yang sering diabaikan di hotel-hotel besar. Untuk mengetahui apa saja yang harus diketahui ketika memulai bisnis guest house, berikut adalah daftar lengkapnya:

Beberapa hal penting untuk menarik minat para tamu

  • Kesan pertama

Jika Anda sudah memutuskan untuk memulai bisnis guest house, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan, salah satunya adalah kesan pertaman ketika memasuki guest house Anda. Kesan pertama adalah hal yang sangat penting, dan jika Anda belum sepenuhnya mendekorasi pintu masuk dan eksterior yang menarik maka Anda harus melakukannya segera. Selain itu,  jika Anda benar-benar memiliki kamar yang kososng , maka Anda juga harus memasang tand “room available”agar para tamu langsung mengatahuinya. Tak hanya itu, jika di guest house Anda terdapat sebuah taman,  maka Anda harus memastikannya untuk terlihat rapi, karena ini menunjukkan kepada tamu bahwa Anda bangga dengan guest house yang dimiliki dan interiornya cenderung terawat dengan baik.

  • Mempertahankan reputasi yang baik

Setelah itu, Anda juga harus memastikan bahwa guest house Anda memiliki segala hal dasar untuk memenuhi permintaan para tamu atau bahkan traveler modern dan masih memberikan layanan bernilai tambah seperti concierge (penyambut tamu di pintu masuk). Properti yang dikelola dengan baik membuat semua perbedaan dalam kesuksesan Anda. Jika tamu Anda memiliki pengalaman yang menyenangkan dari awal hingga akhir, maka mereka lebih cenderung memberikan ulasan positif, merekomendasikan tempat Abda kepada teman dan menjadi pelanggan jangka panjang. Sebaliknya, jika mereka kurang terkesan dengan pelayanan Anda, maka mereka cenderung memberikan ulasan yang buruk, yang pada gilirannya akan mempengaruhi bisnis Anda di masa depan.

  • Memahami para tamu

Salah satu hal yang kebanyakan aspek yang dilupakan oleh pemilik guest house adalah bahwa tamu adalah focus dalam bisnis Anda. Ironisnya (atau mungkin tragis), tamu sering diperlakukan ala kadarnya, dengan pemilik tidak mendengarkan umpan balik, tidak memberikan apa yang dibutuhkan tamu, atau yang lebih buruk, tidak berkomunikasi secara baik dengan tamu. Jika guest house Anda berada atau menjadi satu dengan property pribadi Anda, maka Anda perlu memastikan bahwa para tamu dapat mengakses fitur-fitur seperti kolam renang, teras, dan atau bahkan ruangan BBQ. Anda harus melengkapi guest house tersebut dengan semua fasilitas yang diharapkan oleh para traveler modern, seperti koneksi Wi-Fi.

Melayani para tamu dengan baik merupakan hal yang tak boleh diabaikan, terutama pada bisnis guest house. Banyak tamu mengharapkan hal ini karena mereka menikmati layanan pribadi dan sering menikmati hubungan interaksi dengan para staff yang ada. Selalu tunjukan minat pada kehidupan tamu Anda, Anda bisa bertanya kepada mereka apa yang telah mereka lakukan dan apa yang membawa mereka ke daerah tersebut. Menawarkan saran wisata kepada mereka adalah sentuhan yang bagus karena Anda kemungkinan besar lebih mengenal daerah tersebut. Jika Anda membuat tamu merasa seperti di rumah mereka, maka mereka akan lebih memilih guest house Anda dari pada yang lain ketika mengunjungi tempat tersebut di masa mendatang.

Cara memasarkan bisnis guest house

  • Membuat sebuah website

Website telah menjadi bagian penting dari segala jenis bisnis saat ini, tak ketinggalan bisnis guest house. Banyak konsumen saat ini menggunakan Internet untuk mencari informasi, mereka dapat mengakses informasi tentang produk dan layanan dari komputer dan perangkat seluler saat mereka membutuhkannya. Oleh karena itu, memiliki sebuah website dapat memberi bisnis guest house Anda kehadiran secara online yang diperlukan untuk menjangkau pengguna internet.

Terdapat banyak manfaat ketika Anda memiliki website Anda sendiri:

Anda dapat berbagi informasi lebih lanjut tentang bisnis guest house Anda. Pada umumnya, orang suka mendapatkan informasi sebanyak mungkin tentang tempat itu sebelum memesannya. Anda dapat berbagi foto dan pengalaman para tamu sebelumnya, melalui website tersebut. Anda dapat memberi calon tamu apa yang akan mereka dapatkan dan meyakinkan mereka untuk mencobanya.

Memiliki situs web akan membuat bisnis guest house Anda terlihat lebih kredibel. Banyak orang akan lebih percaya terhadap bisnis apapun jika bisnis tersebut memiliki sebuah website. Ini karena, sebuah website dapat menunjukkan jika pebisnis benar-benar menekuni dan mau melakukan hal terbaik untuk bisnis yang dijalankannya.

Anda dapat menjangkau orang-orang di seluruh dunia. Sebuah website tidak terbatas dalam potensinya untuk menjangkau calon pengunjung dari seluruh di seluruh dunia. Oleh karena itu, Anda akan bias menjari para calon pengunjung dari mana pun, kapan pun, dan dimana pun mereka berada.

Selain itu, pastikan juga untuk memiliki aplikasi atau fitur untuk memeriksa ketersediaan kamar secara online dari website Anda. Hal ini memungkinkan calon pengunjung untuk memesan dan melakukan pembayaran secara online. Banyak orang menghargai kenyamanan transaksi secara online ketika ingin membeli produk atau menyewa jasa bisnis apapun.

  • Memanfaatkan media sosial

Jika Anda masih belum berinvestasi dalam pemasaran media sosial, Anda harus segera melakukannya setelah selesai membaca ini. Media sosial telah terbukti menjadi kekuatan dominan di dunia pemasaran online. Banyak konsumen saat ini menghabiskan sebagian besar waktu mereka secara online di platform media sosial. Jika Anda ingin mengakses pasar tersebut, Anda harus membuat diri Anda tersedia di platform yang sama.

Buatlah profil bisnis Anda di platform media sosial seperti Facebook, Pinterest dan Instagram. Kemudian, perbarui profil Anda dengan informasi yang kemungkinan menarik minat calon pelanggan Anda. Anda dapat mengiklankan paket khusus, diskon, dan penawaran lain yang Anda miliki di waktu yang berbeda sepanjang tahun.

  • Mengidentifikasi segmen pasar Anda

Guest house lebih disukai daripada hotel oleh pengunjung karena beberapa alasan. Alasan paling umum yang disebutkan pengunjung adalah: guest house memiliki suasan rumah yang nyaman serta memiliki harga yang murah ketimbang tinggal di hotel.

Sebagai pemilik bisnis, Anda harus mengidentifikasi tipe pengunjung apa yang biasanya datang, apakah mereka dari kalang pengusaha atau keluarga? Dengan begitu, Anda dapat memfasilitasi keduanya tetapi tentunya sebuah keluarga dengan anak-anak kecil, bayi yang baru lahir, dan balita dapat menjadi hal yang menjengkelkan bagi  para pebisnis.

Dengan mengetahui segmen Anda, hal tersebut akan membantu Anda merancang dan menerapkan strategi pemasaran dan promosi yang tepat.

  • Memberikan sesuatu yang bernilai lebih secara gratis

Gratis merupakan salah satu kata yang paling menarik perhatian pelanggan. Manfaatkan penjualan Anda dengan sesuatu secara gratis, misalnya berikan tamu bonus menginap gratis satu malam dengan setiap dua malam pemesanan di guest house Anda. Anda dapat secara khusus menempatkan jenis penawaran ini di luar musim liburan untuk menghindari kerugian.

  • Bekerjasama dengan bisnis guest house lain

Secara konvensional bisnis lain yang beroperasi di industri yang sama dianggap “pesaing”. Itu artinya guest house lain adalah pesaing Anda.

Tetapi Anda bisa mendapat keuntungan yang besar ketika bekerjasama dengan pesaing Anda. Salah satu cara untuk bekerjasama adalah dengan membuat program referral.

Ketika musim lburan, mereka dapat mengelola pemesanan berlebih dengan merujuk pada guest house Anda. Dan Anda dapat membalas budi dengan cara yang sama

Ada banyak cara untuk mengiklankan bisnis guest house Anda Anda. Setiap metode memiliki kelebihan dan kekurangannya. Namun, menggabungkan berbagai metode akan menghasilkan strategi pemasaran yang sangat efektif.

Memiliki bebebrapa perlengkapan dan peralatan utama

Memiliki bebebrapa perlengkapan dan peralatan utama dalam bisnis guest house merupakan hal yang sangat penting. Para tamu kemungkinan besar telah memilih menginap di guest house Anda dikarenakan memiliki perlengkapan dan peralatan yang terasa sama dengan suasana rumah mereka, yang mana hal ini dapat menambah kenyamanan.

Hal ini memang menjadi sebuah pekerjaan yang lebih besar daripada yang Anda harapkan, terutama jika Anda melakukan semuanya (membeli, transportasi, instalasi) sendiri. Namun, untuk membeli beberapa hal tersebut, Anda harus tahan godaan agar dapat berhemat dan menabung saat melengkapi property di guest house Anda untuk memastikan kenyamanan tamu dan kualitas pengalaman liburan mereka.

Ketika membeli peralatan dan perlengkapan yang ada di guest house, Anda harus benar-benar memikirkan kualitas terbaik dan tahan lama. Jika kelompok sasaran Anda berada di pada kalangan menengah ke atas, maka Anda juga harus menyesuaikan tipe perlengkapan dan peralatan tersebut. Hal ini akan menimbulkan kesan “wow” ketika tamu Anda berjalan melewati pintu masuk guest house Anda.

Menyiapkan beberapa perlengkapan yang ada di dalam kamar

hdr

Berikut adalah beberapa perlengkapan yang direkomendasikan untuk ada di setiap kamar guest house Anda:

  • Handuk, selimut, dan bantal ekstra

Setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda. Beberapa orang menyukai handuk wajah dan handuk tubuh yang terpisah. Beberapa orang ada yang selalu kedinginan. Yang lainnya selalu merasa gerah. Oleh karena itu, mempersiapkan segalanya secara ekstra akan dapat memastikan kenyamana para pengunjung guest house Anda. Jika Anda tidak memiliki penyimpanan untuk barang-barang ini di lemari, maka Anda dapat menggulungnya dan letakkan di keranjang di tempat tidur atau lantai.

  • Keranjang sampah

Jangan biarkan tamu Anda bertanya-tanya di mana harus meletakkan botol minum bekas, potongan tiket pesawat atau bungkus keripik kentang setelah perjalanan mereka. Hindari penumpukan kekacauan di kamar Anda dengan menyediakan keranjang sampah.

  • Jam dinding

Memang kebanyakan orang mungkin memiliki smartphone, tetapi adanya jam dinding dapat memudahkan pengunjung ketika mereka sedang kehabisan baterai. Biarkan tamu Anda mematikan ponsel mereka dan menggunakan alarm di meja samping tempat tidur mereka. Dan mereka mungkin hanya ingin mengetahui waktu sepanjang hari tanpa meraih ponsel mereka. Sama seperti jam yang ada di ponsel mereka, jam dinding harus ada di setiap kamar, karena ponsel pastinya dapat kehabisan daya baterai.

Pastikan untuk memiliki lemari pakaian yang nyaman sehingga para tamu memasukkan barang-barang mereka, seperti tas dan beberapa pakaian. Dan jangan lupa menyertakan beberapa gantungan kosong untuk menggantung celana maupun baju mereka.

  • Tisu

Saat ini, masih banyak ditemui kamar guest house yang tidak dilengkapi dengan tisu, dan ini adalah hal yang menjengkelkan. Oleh karena itu, sebuah kotak tisu selalu dihargai, terutama selama bulan-bulan musim hujan ketika udara sedang dingin.

  • Perlengkapan mandi

Meskipun kebanyakan pengunjung membawa perlengkapan mandi mereka, namun tidak ada salahnya jika Anda juga mempersiapkan hal tersebut di kamar mereka. Pastikan Anda memiliki pasta gigi, sampo / kondisioner, sabun, dan lotion di kamar mereka atau kamar mandi yang akan mereka gunakan. Anda dapat menambahkan sentuhan pribadi dengan menyimpannya di keranjang hias kecil dan yang juga dapat dijadikan sebagai ucapan selamat datang.

Beberapa peralatan dapur yang wajib dimiliki

Guest house Anda pastinya menawarkan sarapan, dan makan siang  gratis bagi para tamu. Oleh karena itu, Anda harus memiliki beberapa perlengkapan untuk memudahkan Anda menyiapkan makanan atau minuman bagi para tamu Anda. Selain alat memasak, kompor dan juga pencuci piring, berikut adalah beberapa perlengkapan dapur yang wajib diimiliki oleh bisnis guest house:

  • Mesin pendingin dan lemari es

Semua dapur, khususnya untuk sebuah bisnis penginapan pastinya membutuhkan sistem pendingin dari beberapa tipe. Tanpa kulkas, Anda tidak bisa menyimpan bahan-bahan dan menyiapkan makanan untuk tamu secara segar. Selain itu, Anda juga membutuhkan mesin pendingin, seperti contohnya, Anda membutuhkan blast freezer untuk menyimpan daging Anda agar tetap awet.

  • Mixer dan blender

Jika guest house Anda menghidangkan jus sebagai pencuci mulut atau roti buatan sendiri untuk sarapan, maka memiliki blender dan mesin mixer roti komersial merupakan peralatan yang penting. Sama seperti mesin pendingin, memiliki mixer dapat memudahkan Anda menyiapkan hidangngan bagi para pengunjung.

  • Oven

Dapur guest house Anda pastinya membutuhkan oven jika Anda berpusat pada makanan yang dipanggang, mungkin Anda sebaiknya membeli oven konvensional. Tidak seperti oven biasa, oven konvensional memiliki sistem kipas dan pembuangan yang meniupkan udara panas di sekitar makanan. Hal ini membuat oven konvensional menjadi alat yang sangat baik untuk memanggang, kue atau makanan lainnya. Namun, untuk makanan yang terbuat dari adonan seperti custard, dan beberapa roti, maka Anda dapat menggunakan oven biasa.

Itulah beberapa tips memulai bisnis guest house yang dapat Anda aplikasikan. Semoga dengan mengikuti tips tersebut, Anda dapat menjalankan bisnis guest house dengan lebih mudah dan menarik lebih banyak pelanggan.



Mesin Raya, pusat penjualan mesin-mesin berkualitas. Distributor mesin-mesin pengolah makanan, mesin industri, cold storage, mesin pengemas, mesin resto dll.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1