Rice Bean Washer RW-25, Solusi Mencuci Beras Mudah dan Cepat

rice washerBeras adalah bagian bulir padi atau gabah yang telah dipisah dari sekam. Sekam adalah bagian yang menutupi beras tersebut. Pada salah satu tahap pemrosesan hasil panen padi, gabah ditumbuk dengan lesung atau digiling sehingga bagian luarnya terlepas dari isinya. Bagian isi inilah, yang berwarna putih, kemerahan, ungu, atau bahkan hitam, yang disebut beras.

Umumnya, beras tumbuh sebagai tanaman tahunan. Tanaman padi dapat tumbuh hingga setinggi 1 – 1,8 m. Daunnya panjang dan ramping dengan panjang 50 – 100 cm dan lebar 2 – 2,5 cm. Beras yang dapat dimakan berukuran panjang 5 – 12 mm dan tebal 2 – 3 mm.

Sayangnya, tidak semua orang mengetahui cara mencuci beras yang baik. Akibat kekeliruanya, tak jarang mengakibatkan tubuh kekurangan vitamin B1 (thiamin). Selama ini, kebanyakan orang mencuci beras berkali-kali hingga air cucian bening. Cara mencuci demikian dilatari mitos turun temurun, yaitu bila dicuci sangat bersih, menyebabkan nasi tak gampang basi.

Padahal cara terbaik dalam mencuci berasa adalah cukup dengan 2-3 kali dibilas dengan air. Beras mengadung vitamin B1. Vitamin B1 yang dikandung saat dicuci sekali dengan penggosokan mengakibatkan vitamin B1 kian berkurang. Kekurangan vitamin B1 ini dapat membuat gangguan metabolisme karbohidrat dan mengakibatkan penyakit beri-beri.

Nah, bagaimana solusinya? Solusinya adalah mesin pencuci beras RW-25. Mesin pencuci beras atau mesin rice bean washer ini berfungsi untuk mencuci bersih beras setelah proses pengambilan biji beras dari kulit padi. Selain digunakan untuk membersihkan biji beras setelah proses pengambilan dari kulit padi, sering juga diaplikasikan untuk pembersihan beras sebelum dimasak, dengan jumlah yang banyak.

Mesin pencuci beras RW-25 ini sangat cocok untuk pengolahan hasil panen padi. Padi yang telah dikupas kulitnya dan jadi beras, harus dibersihkan agar menjadi bersih dan dapat dikonsumsi. Mesin ini sangat berguna untuk menghilangkan bakteri dan debu yang menempel pada sisa kulit padi.

Mesin ini akan sangat membantu kamu dalam menjadikan hasil panen kamu higienis dan dapat dikonsumsi. Mesin pencuci beras RW-25 cocok digunakan oleh pihak restoran, rumah makan, hotel, yang membutuhkan alat untuk membersihkan biji beras sebelum dimasak, dengan kapasitas yang besar. Tersedia drainase juga untuk mempermudah pengguna dalam mengeluarkan air yang sudah kotor setelah proses pembersihan.


Tags:


Konsultasi Seputar Mesin Industri dan Info Peluang Usaha

  • Penulis : Deden
  • Phone : 0341-48-22-55
  • Call / SMS : 0853-60-20-2010
  • PIN BBM : D8A01C3A
  • Alamat : Little Kyoto, Jl. Ikan Gurami C-1 Malang Jatim

Bagikan Ke teman: