Mengupas Bawang Putih Tanpa Mata Menangis

Bawang putih siapa sih yang tidak kenal dengan bumbu dapur satu ini, hampir setiap makanan di Indonesia menggunakan bumbu makanan satu ini. Bawang Putih Nama tanaman dari genus Allium sekaligus nama dari umbi yang dihasilkan. Dalam proses penggunaan bawang putih hal yang paling tidak disukai oleh para ibu adalah mengupas. Kegiatan yang satu ini memang tergolong mudah namun nyatanya setiap kali mengupas bawang kita harus siap menahan pedasnya aroma yang ditimbulkan oleh bumbu masakan satu ini.

mesin-pengupas-bawang-(onion-garlic-machine)-fx-128s_n1big

Hal ini disebabkan pada saat kita mengupas bawang, senyawa bersulfur yang terkandung dalam bawang akan bereaksi dengan suatu enzim sehingga menghasilkan asam sulfenat. Asam sulfenat bersifat tidak stabil, sehingga dengan cepat akan berubah menjadi senyawa lain yang lebih stabil, yaitu propanetiol S-oksida yang mudah menguap. Senyawa yang menguap ini kemudian berinteraksi dengan mata kita dan membentuk asam sulfur. Asam sulfur bersifat mengiritasi mata, sehingga mata kita akan terasa perih dan menjadi kemerahan.

Sebagai perlindungan terhadap mata, maka mata akan memproduksi air mata untuk membantu mengeluarkan senyawa yang mengiritasi mata itu. Bagaimana jika Anda harus mengupas 1000 Kg bawang dalam satu hari? Bagaimana jika Anda tidak punya cukup banyak tenaga kerja untuk ditugaskan dalam pengupasan bawang? Apalagi ukuran bawang tidak sama dan kesulitan pengupasan bawang juga bervariasi. Ada yang sulit terlepas, ada juga yang mudah.

Oleh karena itu kami MesinRaya menghadirkan Mesin Pengupas Bawang yang wajib dimiliki oleh Pemilik usaha kuliner, ibu rumah tangga, juru masak, atau siapapun. Ucapkan selamat tinggal dengan acara “menangis” dalam proses pengupasan kulit bawang putih.


Tags:


Konsultasi Seputar Mesin Industri dan Info Peluang Usaha

  • Penulis : Tari
  • Phone : 0341-48-22-55
  • Call / SMS : 0853-60-20-2010
  • PIN BBM : D8A01C3A
  • Alamat : Little Kyoto, Jl. Ikan Gurami C-1 Malang Jatim

Bagikan Ke teman: