Beberapa Usaha yang Menjanjikan Dengan Modal Kecil

Memulai bisnis bisa tampak seperti sebuah tugas yang sangat berat. Tetapi jumlah waktu, uang, dan risiko yang dibutuhkan semua tergantung pada ide bisnis yang Anda lakukan. Sebenarnya ada banyak cara untuk memulai usaha yang tidak memerlukan unsur logistik dan biaya di lainnya.

Beberapa ide usaha yang menanjikan dengan modal kecil ini menjadi pintu masuk yang bagus untuk para pemula, atau individu dengan jadwal yang sibuk sehingga memungkinkan Anda mengambil usaha sampingan tanpa harus meninggalkan pekerjaan tetap Anda.

Anda masih perlu memunculkan ide yang kuat, membangun merek, membuat strategi pemasaran, dan memberikan layanan pelanggan yang baik. Di lain sisi, Anda juga dapat memotong banyak biaya awal, seperti inventaris awal, pergudangan, dan toko fisik.

Oleh karena itu, berikut adalah beberapa usaha yang menjanjikan dengan modal kecil yang dapat Anda coba:

1. Usaha catering rumahan

Catering rumahan dapat dikatakan sebagai salah satu usaha yang menjanjikan dengan modal kecil. Ini karena, Anda tidak perlu tempat yang mahal untuk menjalankan bisnis katering Anda sendiri dan bahkan dapat mengoperasikan layanan Anda dari rumah, yang mana hal tersebut dapat menjaga biaya operasional tetap minimum. Banyak orang pastinya akan bersedia membeli katering yang berkualitas, sehingga menjadikan usaha ini menguntungkan bagi mereka yang dapat bekerja keras dan memiliki tekad untuk berhasil.

2. Menjadi perantara (makelar) perumahan

Rumah merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia, sehingga permintaannya akan selalu tinggi dan jika Anda ingin memasuki industri ini, salah satu cara paling efektif untuk melakukannya adalah dengan menjadi makelar atau perantara perumahan.

Makelar perumahan bertindak sebagai perantara antara penjual dan pembeli. Anda dapat melakukan usaha yang menjanjikan dengan modal kecil ini tanpa memerlukan banyak waktu. Anda cukup melakukan negosiasi serta memperkenalkan perumahan kepada para pembeli yang ingin membeli rumah tersebut di sela-sela pekerjaan utama Anda.

3. Usaha pembuatan desain website

Jika Anda memiliki pengetahuan atau pengalaman dalam desain web, Anda dapat menawarkan layanan Anda kepada klien dan membangun bisnis Anda sendiri sebagai desainer web. Situs web telah menjadi ‘jendela dari setiap bisnis yang sukses’, karenanya desainer situs web yang berkualitas dan kreatif tetap dibutuhkan. Sekali lagi, biaya rendah dan pendapatan yang tinggi menjadikan desain web sebagai sebuah usaha yang menguntungkan untuk dijalankan, asalkan Anda memiliki pengetahuan teknis dan kreatif. Karena faktor tersebut, pembuatan desain web dapat dikatakan sebagai sebuah usaha yang menjanjikan dengan modal kecil.

4. Menjadi reseller

Reseller adalah sebuah usaha yang menjanjikan dengan modal kecil. Ini karena, bisnis reseller tidak membutuhkan inventaris barang dagangan untuk dijual kembali. Mereka hanya bertindak sebagai perantara antara produsen dan pelanggan. Antara distributor dan reseller, mereka yang menjual produk reseller biasanya tidak memiliki hubungan dekat dengan produsen.

Jika Anda menjadi reseller, Anda dapat menjual beragam produk. Terdapat berbagai macam produk yang dapat Anda jual, seperti pakaian hingga mesin pabrik. Selain itu, Anda juga dapat menjual produk tersebut secara online.

5. Menjalankan usaha dropship

Dropshipping adalah metode usaha di mana toko tidak menyimpan produk yang dijualnya dalam stok. Sebaliknya, ketika toko menjual produk, dropshipper membeli barang dari pihak ketiga dan mengirimkannya langsung ke pelanggan. Hal ini membuat penjual tidak pernah melihat atau menangani produk secara langsung.

Perbedaan terbesar antara dropshipping dan model ritel standar adalah bahwa pengusaha yang menjual tidak memiliki persediaan. Sebagai gantinya, dropshipper membeli inventaris sesuai kebutuhan dari pihak ketiga – biasanya pedagang besar atau produsen – untuk memenuhi pesanan.

Di Indonesia sendiri, terdapat beberapa perusahaan yang menawarkan sistem dropship tersebut, salah satunya adalah Mesin Raya. Untuk mengetahui lebih dalam, Anda dapat melihatnya disini.

Tips menjalankan usaha yang menjanjikan dengan modal kecil

1. Memiliki target pasar

Seperti halnya usaha apa pun, pemasaran adalah salah satu hal yang dapat membuka kesuksesan Anda. Anda perlu mencari cara untuk menjangkau orang-orang yang kemungkinan besar akan membeli produk yang Anda tawarkan. Selain itu, Anda perlu mendapatkan pengunjung yang tepat untuk menemukan produk Anda. Seperti contohnya, Anda memutuskan untuk berjualan mesin pengolah makanan, maka target pasar Anda adalah para pengusaha kuliner.

Pikirkan tentang bagaimana Anda dapat memusatkan perhatian pada khalayak tertentu untuk produk Anda dan bagaimana usaha yang Anda bangun dapat melayani permintaan mereka. Jika Anda sudah memiliki audiens yang cukup besar, baik itu secara online maupun offline, mungkin Anda bahkan dapat menemukan cara terbaik untuk memeasarkan produk Anda tersebut.

2. Menentukan harga

Jika harga produk Anda terlalu rendah, maka para pembeli mungkin akan menganggap produk yang Anda tawarkan tidaklah baik. Namun, jika harga yang Anda patok terlalu tinggi, maka secara otomatis para pelanggan tidak akan membelinya. Bagaimanapun, Anda harus menemukan “sweet spot” yang juga memungkinkan Anda memperhitungkan biaya untuk mendapatkan pelanggan dan menawarkan diskon, terutama jika Anda berencana membayar iklan.

Seperti contohnya, Anda telah memutuskan untuk menjadi seorang reseller dan menjualnya secara online. Banyak para reseller mencoba memangkas biaya pengiriman mereka ke harga eceran sehingga mereka dapat menawarkan pengiriman secara gratis, atau setidaknya tarif yang wajar. Sementara yang lain fokus pada mendorong pembeli untuk menambahkan lebih banyak item ke keranjang mereka dengan pengiriman gratis bersyarat (mis. Pengiriman gratis pada pesanan lebih dari Rp.10.000) untuk memaksimalkan keuntungan mereka.

Pada akhirnya, harga Anda dapat diubah dan Anda dapat bereksperimen dengan berbagai strategi penetapan harga sampai Anda menemukan satu yang sesuai untuk usaha Anda.

Itulah beberapa usaha yang menjanjikan dengan modal kecil serta tips untuk mengembangkannya. Semoga artikel tersebut dapat membantu Anda untuk menemukan jenis usaha yang tepat. Selain itu, setelah Anda menemukan usaha yang tepat, maka Anda juga harus bekerja keras serta menemukan strategi yang tepat agar usaha Anda dapat berkembang.

Mesin Raya, pusat penjualan mesin-mesin berkualitas. Distributor mesin-mesin pengolah makanan, mesin pengemas, mesin resto dll.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *