Agar Roti Anda Mengembang dengan Sempurna, Gunakan Proofer

Roti merupakan makanan yang saat ini menjadi salah satu alternatif makanan pokok yang cukup digemari di Indonesia. Biasanya roti disantap pada saat sarapan dengan diolesi selai atau diolesi mentega dan ditaburi cokelat meses. Namun tak jarang roti juga dijadikan cemilan di beberapa kesempatan. Roti sendiri saat ini makin beragam variasinya, bahkan beberapa brand roti mulai ‘naik kelas’ dengan memilih lokasi pusat perbelanjaan mewah sebagai tempat menjaring konsumen kelas atas.

Dalam proses pembuatan roti, ada salah satu tahapan yang disebut proofing. Proofing sendiri merupakan satu tahapan dalam proses pembuatan roti, dimana adonan diistirahatkan atau didiamkan. Tujuan dari proofing ini adalah agar adonan mengembang maksimal sebelum akhirnya dimasukan ke dalam oven.  Sebelum proofing, biasanya adonan telah dibulatkan dan ditimbang dalam ukuran tertentu menjadi bagian kecil. Waktu proofing yang ideal yaitu antara 15 menit sampai dengan 20 menit.  Waktu yang digunakan untuk melakukan tahapan proofing ini harus sangat diperhatikan, karena jika proses proofing terlalu sebentar maka roti tidak akan mengembang dan hasilnya ‘bantat’. Sementara jika terlalu lama maka tekstur roti menjadi terlalu lunak.

mesin-pengembang-(mesin-proofer)-fx-30j_n1big

Untuk mendapatkan hasil proofing yang sempurna, sebaiknya adonan di simpan pada suatu alat khusus yang bernama proofer roti. Profeer ini bentuknya seperti lemari yang berfungsi sebagai pengembang adonan. Selain untuk proses pembuatan roti, proofer bisa digunakan untuk proses pembuatan yoghurt. Dalam proses pembuatan roti, proofer ini membantu adonan roti mengembang dengan lebih baik karena suhu dan kelembabannya yang terkontrol sehingga hasil akhirnya optimal. Proofer ini memiliki ruang yang cukup besar untuk mengakomodasi produksi roti dalam jumlah besar. Selain itu menariknya lagi, proofer ini dapat di set waktunya sehingga waktu proofing dapat disesuaikan dan pas dengan yang seharusnya.


Tags:


Konsultasi Seputar Mesin Industri dan Info Peluang Usaha

  • Penulis : Shinta
  • Phone : 0341-48-22-55
  • Call / SMS : 0853-60-20-2010
  • PIN BBM : D8A01C3A
  • Alamat : Little Kyoto, Jl. Ikan Gurami C-1 Malang Jatim

Bagikan Ke teman: