Variasi Oden si Makanan Jepang Yang Mendunia

Saat ini makanan dari Jepang sudah dangat terkenal di Indonesia, tak terkecuali Oden. Oden merupakan campuran berbagai bahan kemudian direbus di dalam kuah atau disebut juga dengan dashi. Makanan ini dapat berisi katsuobushi, kombu, dan kecap asin, kemudian bahan-bahan tersebut direbs dan dimasukkan beraneka ragam bahan lain seperti lobak, konnyaku, telur rebus, dan chikuwa.

mesin-pemasak-makanan-jepang-(oden-cooker)-fc-5_n2big

Masakan Oden merupakan salah satu makanan yang selalu disajikan oleh masyarakat Jepang saat musim dingin, yang dimasak menggunakan alat Oden Cooker, kemudian makanan ini di makan selagi masih panas. Di negara asalnya makanan ini biasa dimakanan sebagai jajananĀ atau shake peneman minum. Cara memakan Oden adalah dengan menusukkan beberapa potong isinya kemudian dicampur dengan mustard (namun ada beberapa daerah di Jepang dicampurkan dengan saus manis yg terbuat dari miso).

Beberapa Variasi Oden di berbagai negara :

1. Nagoya

Dinegara ini makanan Oden disebut dengan Kanto-ni (???) dimakana dengan menggunakan kecap sebagai saus. Miso oden akan di rerbus dalam kaldu hatcho-miso, yang rasanya manis ringan bahan umum di negara ini adalah Konjak dan tahu

2. Daerah Kansai

Hidangan ini sering disebut dengan Kanto-daki (???atau????) di daerah ini cenderung lebih kuat daripada rasa ringan Kanto versi.
Masakan oden di Shizuoka menggunakan kaldu berwarna gelap serta dibumbui dengan stok daging sapi dan kecap gelap kemudian semua bahan yang tertusuk. Sebelum dimakana ikan kering dan tanah (sarden, makarel, atau katsuobushi ) atau aonori bubuk (rumput laut yang dapat dimakan) ditaburkan di atasnya.

3. Restoran di Kagawa Prefecture

Salah satu daerah di Shikoku hampir semua menawarkan makanan oden dan miso manis saat menunggu makanan pesanannya.

4. Taiwan

Di negara ini beda lagi hidangan oden disebut dengan heilun (??) atau dalam bahasa Mandarin atau oolian di Taiwan . Tianbula (???, lit. “manis, tidak pedas”) adalah hidangan yang sama umumnya dijual di pasar malam . Tak hanya bahan-bahan yang digunakan lebih tradisional, oolian Taiwan juga menggunakan bahan-bahan lokal, seperti daging babi bakso dan puding darah . Di beberapa toko menawarkan oden dengan sebutan gu?nd?ngzh? (??? dari kata Kansai???.

5. Korea Selatan

Odeng adalah makanan kaki lima yang dijual dari gerobak kecil serta disajikan dengan menggunakan sup pedas. Dan sangat umum di jalan-jalan restoran Korea Selatan banyak yang memilikinya pada menu atau mengkhususkan diri di dalamnya.


Tags: , , ,


Konsultasi Seputar Mesin Industri dan Info Peluang Usaha

  • Phone : 0341-48-22-55
  • Call / SMS : 0853-60-20-2010
  • PIN BBM : 74902334
  • Alamat : Little Kyoto, Jl. Ikan Gurami C-1 Malang Jatim

Bagikan Ke teman:

Produk Mesin yang Berkaitan