Tips Memperbaiki Ice Maker Lemari Es

Sebelum Anda menghabiskan biaya memanggil teknisi perbaikan, ada beberapa cara untuk memeriksa dan memperbaiki masalah dengan Ice Maker jenis lemari es. Beberapa masalah umum dengan mesin ini adalah membuat es terlalu sedikit atau terlalu banyak, rasa es yang buruk, memproduksi es dengan bentuk terlalu kecil dan warna yang tak seharusnya atau es tidak bisa keluar dari pembuatnya. Pemeliharaan rutin dapat membantu mencegah beberapa masalah ini.

mesin-pembuat-es-lolly-(ice-lolly-machine)-pbz-02_n1big

Cara Kerja

Mekanisme dasarnya adalah mesin menerima air melalui pipa seperempat inci yang terletak di belakang dan dihubungkan oleh sebuah katup. Prakteknya air mengalir melalui katup di dalam lemari es dan mengirimkan air melalui tabung pengisi dalam mesin. Di dalamnya, air akan membeku dan dikeluarkan ke dalam penyimpanan es. Siklus mesin ini dikendalikan oleh termostat melekat pada cetakan es. Thermostat memonitor suhu cetakan dan menjadi sinyal mesin untuk memulai siklus ketuka suhu turun di bawah tingkat yang telah ditentukan.

Troubleshooting dan Perbaikan

Jika pembuat es membuat terlalu banyak es atau tidak mati, periksa dulu lengan penutup dan kemudian uji saklar penutupnya. Sebelum melakukan pengujian apapun selalu cabut dari sumber listriknya untuk menghindari adanya aliran listrik. Jika mesin tidak membuat es, ada banyak kemungkinan penyebabnya. Sekali lagi, periksa lengan penutup dan kemudian periksa katup pasokan air. Periksa jalur suplai air untuk memastikan tidak ada yang membatasi aliran air atau terjadi kebocoran. Pengujian saklar penutup mungkin berguna untuk masalah ini juga.

Pastikan untuk memeriksa suhu freezer. Periksa gigi injector bila retak, gigi aus atau ada gigi yang hilang – jika ada indikasi tersebut itu artinya bahwa gigi mungkin perlu diganti. Daerah lain yang menjadi pemecahan masalah mencakup pengujian motor ejector, pemanas cetakan es, tuas, termostat, dan katup inlet air.

Jika mesin membuat es yang terlalu kecil, pastikan untuk memeriksa pengaturan pada pengontrol ukuran. Jika es rasanya aneh, cuci penyimpanan es, keluarkan benda yang tak di perlukan dari kulkas lalu bersihkan. Pemasangan filter garis juga dapat membantu menghilangkan bau, rasa es tidak enak dan perubahan warna.




Konsultasi Seputar Mesin Industri dan Info Peluang Usaha

  • Phone : 0341-48-22-55
  • Call / SMS : 0853-60-20-2010
  • PIN BBM : 74902334
  • Alamat : Little Kyoto, Jl. Ikan Gurami C-1 Malang Jatim

Bagikan Ke teman:

Produk Mesin yang Berkaitan