Tips membersihkan Showcase

Showcase kebanyakan digunakan pada tempat-tempat perbelanjaan seperti super market, mini market, mall, restaurant, café dll. Showcase merupakan salah satu dari jenis mesin pendingin yang memiliki ciri-ciri pintu dan body transparan yang berfungsi untuk menampilkan isi didalam showcase, hal ini bertujuan agar produk yang dipajang dalam showcase dapat terlihat dari luar tanpa membukanya. Oleh karena itu kebersihan showcase harus selalu kita jaga.

1

Berikut ini adalah beberapa tips untuk membersihkan showcase:

  1. Pastikan keselamatan kerja sebelum memulai membersihkan yaitu dengan cara memutuskan sumber listrik (showcase OFF) hal ini dilakukan untuk menghindari terjadinya hubungan singkat dan tersengat listri. Lepas semua rak yang ada di dalam showcase
  2. Pastikan pintu showcase yang transparan bersih sehingga tampilan produk isi di dalam showcase dapat terlihat dari luar. Bersihkan pintu kacanya dengan cairan khusus pembersih kaca dan kain lap lembut.
  3. Bersihkan body showcase bagian luar dengan kain lap agak basah yang kemudian di lap kembali dengan kain lap kering yang lembut.
  4. Yang sering terjadi,p astikan pintu showcase tidak tertutup embun karena hal ini sangat mengganggu fungsi utama showcase yaitu untuk memamerkan isi di dalamnya, biasanya penyebabnya adalah titik-titik air yang terbentuk di dalam showcase berlebihan sehingga udara yang mengandung uap air tidak lagi sanggup menahan kandungan air. Untuk mencegah agar embun tidak menempel pada pintu adalah dengan memastikan showcase anda dilengkapi pemanas yang berfungsi menghangatkan pintu showcase, sehingga uap air disekitar pintu showcase tidak dapat menjadi embun.Dimana ketika pemanas pintu showcase tidak bekerja maka suhu pintu akan menurun mengikuti suhu dalam showcase sehingga uap air disekitar pintu akan menjadi embun. Untuk mencegah hal ini harus dilakukan pengecekan tahanan elemen pemanas dengan menggunakan ohm meter jika terdapat tahanan yang cukup besar maka elemen pemanas bagus tetapi kalau terlalu besar atau terlalu kecil maka elemen pemanas rusak, lakukan pula pengecekan pada terminal dan pastikan arus listrik mengalir pada elemen pemanas.
  5.  Bersihkan bagian dalam dengan kain agak basah kemudian di bersihkan kembali dengan kain kering yang lembut.
  6. Amankan fiting lampu agar tidak terkena air pada saat pembersihan, lakukan pembersihan bagian dalam dengan berhati-hati karena terdapat sensor suhu pada saluran udara.
  7. Buka rak-rak yang ada di dalamnya, bersihkan dengan cara menyikat dengan sikat tangan ataupun dengan sponge, gunakan deterjen jangan terlalu banyak dan bilas dengan air bersih. Gunakan deterjen sedikit saja karena deterjen dapat mempengaruhi bau asli produk anda. Keringkan rak-raknya dengan kain kering yang lembut kemudian dipasangkan kembali.
  8. Yang perlu di ingat, pembersihan showcase harus dalam keadaan OFF untuk keamanan dan penghematan listrik.

Terima kasih,  semoga bermanfaat.


Tags: , , ,


Konsultasi Seputar Mesin Industri dan Info Peluang Usaha

  • Phone : 0341-48-22-55
  • Call / SMS : 0853-60-20-2010
  • PIN BBM : 74902334
  • Alamat : Little Kyoto, Jl. Ikan Gurami C-1 Malang Jatim

Bagikan Ke teman:

Produk Mesin yang Berkaitan