Tips Membersihkan Mesin Pemanggang Outdoor

Mesin pemanggang outdoor harus dibersihkan di awal dan akhir pesta barbeque, dan setiap selesai digunakan.  Sebuah mesin pemanggang outdoor yang terjaga kebersihannya akan dapat bertahan lama dan dapat dipastikan rasa makanan yang dihasilkan selalu lezat.

mesin-pemanggang-(burner-bbq-gas)-et-k333_n1big

Metode 1 dari 2 : Setiap Selesai Penggunaan – Pembersihan Ringan

Daripada merawat dengan cara yang sulit, cobalah untuk memperlakukannya secara ringan sama seperti mencuci piring setelah makan.  Pembersihan secara biasa hanya dibutuhkan sebagai pembersihan ringan, untuk mengangkat kotoran dan untuk menjaga tetap bersih.

1. Permulaan yang mudah.  Mungkin cukup untuk menggunakan sisa-sisa pemanas setelah memasak untuk membersihkan barbeque Anda.  Semprot menggunakan minyak sayur di seluruh gerigi pemasak dan kikislah menggunakan spatula barbeque atau sikat kawat.  Lap menggunakan handuk kertas.  Jika gerigi pemasak sudah cukup terlihat bersih, maka Anda sudah berhasil.  Jika tidak, maka lanjutkan langkah berikutnya.

2. Gunakan pengaturan pembersihan dengan mulai memanaskan pemanggang Anda.  Walaupun begitu, jangan sampai hilang kontrol ketika melakukan pengaturan ini sebab akan membakar benda benda yang sudah jatuh di pemanggang tersebut, hal ini akan membuat pemanggang benar-benar tidak bersih. Cara ini dapat membantu mengurangi makanan yang terjebak di pemanggang Anda sehingga membuatnya menjadi bersih, tetapi Anda harus mampu membersihkannya ketika pemanggang tersebut masih hangat (jangan terlalu panas).  Cara ini dapat dilakukan mulai dari setengah jam hingga beberapa jam, jadi lakukan ketika Anda memiliki waktu untuk kembali ketika keadaan pemanggang masih cukup hangat.
Anda juga dapat menggunakan sisa-sisa pemanas sebagai efek “pembersih”, asalkan Anda membersihkannya cukup banyak setelah pemanggang tersebut cukup dingin.

3. Putuskan sambungan gas. Ini akan membuatnya aman. Gunakan sarung tangan sekali pakai untuk melindungi tangan Anda.

4. Angkat gerigi pemasak ketika sudah cukup dingin untuk diambil.  Gunakan sikat kawat yang kuat untuk mengangkat semua minyak dan sisa-sisa makanan. (Untuk membersihkan gerigi tersebut dengan benar, lihatlah bagian pembersihan berat di bawah ini.)

5. Bersihkan pembatas di antara pembakaran. Ini mengarah ke tempat dimana barbeque mengandung batu panas, briket, atau beberapa piringan logam lainnya.  Gunakan sarung tangan sekali pakai dan ambil setiap sisa makanan yang terlihat atau gunakan sikat kawat untuk menghilangkan sisa makanan tersebut.

6. Lap dengan menggunakan lap pembersih.  Jaga lap tersebut terlebih untuk penggunaan dengan barbeque (lemparkan di mesin untuk dicuci bersama dengan kain kotor lainnya).  Gunakan lap untuk mengelap pembatas dan gerigi pembakaran serta angkat apapun yang masih tersangkut disana yang mana dengan menggunakan sikat dirasa tidak bisa dihilangkan.  Biarkan kering dan periksa kembali apakah sudah siap digunakan atau belum.  Beberapa orang memilih menggunakan handuk kertas karena bisa langsung dibuang.

Metode 2 dari 2 : Pada Awal dan Akhir Pesta Barbeque

1. Putuskan sambungan gas. Sekali lagi untuk keamanan.

2. Angkat bagian pemanggang satu demi satu. Periksa pembakaran dengan benar.  Untuk memastikan ketika memasak, hilangkan apapun yang dapat menyumbat.  Jika Anda tidak dapat melakukan ini secara efektif, letakan kembali pemanas tersebut.
Jika Anda tidak yakin ada masalah dengan pembakaran, sangat disarankan untuk membawa barbeque Anda ke penjual untuk meminta bantuan.

3. Bersihkan batu panas/briket atau piringan logam yang ada di barbeque.  Gunakan sikat kawat untuk mengangkat semua sisa-sisa makanan dan benda benda yang terbakar.  Gunakan kesempatan ini untuk membersihkan tempat-tempat yang susah dijangkau yang mungkin Anda lupa untuk dibersihkan ketika sedang melakukan pembersihan ringan.
Jika makanan terselip pada bahan bakar padat, letakan kembali baru panas/briket atau porongan logam.  Jika Anda tidak melakukan ini, resiko ke depannya ketika Anda memasak akan muncul bau asap busuk yang dapat mempengaruhi rasa makanan yang sedang dibarbeque.

4. Bersihkan gerigi pemasak dengan air sabun.  Untuk membersihkan dengan benar (ketika ada benda yang keras) :

  • Gunakan sikat kawat untuk mengangkat semua sisa-sisa makanan yang terbakar hangus.  Kikislah permukaan dengan menggunakan sikat kawat.  Tidak perlu terlalu bersih sempurna.
  • Letakkan jala-jala pemanggang di plastik sampah atau plastik kontainer besar.
  • Tambahkan 6-8 ons amonia.
  • Tutup plastik sampah atau kontainer tersebtu dengan rapat.  Diamkan semalaman (sekitar 12 jam).  Jauhkan dari jangkauan anak-anak dan binatang, letakkan di luar seperti taman, sangat disarankan untuk jauh dari jangkauan apapun.
  • Keluarkan gerigi panggangan dari kontainer atau plastik di hari berikutnya.  Lakukan di tempat yang memiliki saluran udara yang baik, sebab uap amonia akan keluar ketika plastik  atau kontainer dibuka.
  • Gunakan sikat kawat kembali.  Kali ini, semua sisa makanan akan hilang dengan mudah.
  • Basuh dengan air sebelum digunakan.
  • Beri minyak pada gerigi panggangan tersebut.  Jika gerigi pemanggang terbuat dari besi cor, akan sangat bermanfaat jika meminyakinya menggunakan minyak sayur.  Hal ini akan mencegah karat dan menjaga gerigi panggangan dalam kondisi baik.  Jika tidak, ikuti perintah dari pabriknya.

5. Cat alat pemanggang jika sudah mulai mengelupas atau muncul tanda-tanda karat, mintalah cat makanan yang aman dan tepat di toko hardware.  Jika kondisinya masih baik, bersihkan dengan air sabun diikuti dengan semir, sehingga semua kotoran dan lemak terangkat dan terlihat bagus kembali.

6. Letakkan semua bagian-bagian alat pemanggang kembali.  Pastikan semua sambungan baik dan nyalakan kembali.  Sebelum penggunaan kembali, pastikan untuk membiarkan pemanas panggangan membakar semua sisa-sisa sabun.




Konsultasi Seputar Mesin Industri dan Info Peluang Usaha

  • Phone : 0341-48-22-55
  • Call / SMS : 0853-60-20-2010
  • PIN BBM : 74902334
  • Alamat : Little Kyoto, Jl. Ikan Gurami C-1 Malang Jatim

Bagikan Ke teman:

Produk Mesin yang Berkaitan