Tips dan Cara Merawat Stainless Steel

Stainless Steel merupakan baja tahan karat adalah senyawa besi yang mengadung lebih dari 10,5% kromium, yang dapat mencengah proses korasi atau pengkaratan pada logam. Komposisi ini dapat membentuk lapisan pelindung yang anti terhadap korasi (protective layer) yang menjadi hasil dari oksidasi oksigen terhadapat bahan krom yang secara spontan terjadi. Pembentukan lapisan fil oksida kromium terjadi menghasilkan kemampuan tahan karat pada stainless steel, dengan menghalangi proses okdidasi besi (ferum).

Berikut ini cara-cara untuk membersihkan noda yang ada di stainless steel :

stainless steel

1. Segera Bersihkan benda Anda jika terlihat ada Noda
Stainless steel tidak tahan terhadap noda sebaiknya selal bersihkan jika ada noda atau tumbahan secepat mungkin. Untuk membersihkan noda yang mengering akan membutuhkan lebih banyak waktu dan sangat berpotensi merusak atau menggores lapisannya jika Anda tidak hati-hati

2. Pada noda membandel Rendam benda dalam air sabun

Jika memang diperlukan Anda dapat membersihkan produk yang kecil seperti panci stainless dengan cara merendamnya di air sabun. Jika noda yang sudah membandel Anda bisa merendamnya semalaman. Pada benda yang lebih besar silahkan membuat larutan sabun pada botol kemudian semprotkan ke seluruh badan dan diamkan beberapa saat.

3. Menggosok stainless steel dengan menggunkan kain basah atau spons tebal

Ambil kain atau spons kemudian gosokan pada pemukaan benda, tidak perlu menekannya keras-keras. Selalu bilas dan peras kain Anda supaya tetap lembab untuk menghindari goresan kontamian yang berpotensi abrasif (potensi merusak). Jangan menggosok dengan gerakan memutar gosok ke kiri atau ke kanan saja supaya noda tidak tertempel kembali.

4. Bilas dengan menggunakan air hangat yang bersih

Menggunakan kain bersih atau spons, basah untuk membersihkan noda pada stainless steel. Pastikan semua busa deterjen dibersihkan karena dapat meninggalkan goresan dan perubahan warna berwarna pelangi pada stainless steel.

5. Jika diperlukan, Ulangi

Jika noda membandel masih menempel pada stainless steel  Anda bisa mengulangi proses diatas mulai dari awal.


Tags: , ,


Konsultasi Seputar Mesin Industri dan Info Peluang Usaha

  • Phone : 0341-48-22-55
  • Call / SMS : 0853-60-20-2010
  • PIN BBM : 74902334
  • Alamat : Little Kyoto, Jl. Ikan Gurami C-1 Malang Jatim

Bagikan Ke teman:

Produk Mesin yang Berkaitan