Pentingnya Mesin Pendingin untuk Industri Daging

Produk pengolahan hasil peternakan seperti daging kini telah berkembang luas, dengan berbagai produk turunannya yang beraneka macam. Produk-produk itu misalnya mulai dari produk daging dalam bentuk potongan tertentu, ataupun yang sudah diolah menjadi nugget, sosis, bakso, dan produk olahan lainnya. Karena bersifat mudah rusak dan cepat basi, maka salah satu hal yang paling penting dalam penangangan produk olahan hasil ternak ini adalah bagaimana menjaga kualitas produk-produk itu tetap terjaga. Cara yang benar untuk memperpanjang umur simpan produk olahan hasil ternak adalah penerapan teknologi rantai dingin atau cold chain technology. Jadi, apa sebenarnya teknologi rantai dingin ini? Teknologi ini pada prinsipnya adalah suatu sistem yang mampu menonaktifkan bakteri perusak yang ada pada produk makanan atau minuman, sehingga bakteri tersebut tidak berkembang, sehingga produk makanan dan minuman itu tidak cepat rusak.

Saat ini banyak produk olahan daging yang dijual dalam bentuk chilled atau frozen. Produk dalam bentuk beku harus disimpan dalam suhu -20ºC sedangkan produk dalam bentuk chilled harus disimpan dalam suhu 0ºC. Industri olahan daging membutuhkan Cold Storage untuk menjaga stabilitas suhu. Berbagai hal dilakukan oleh produsen untuk menjaga kualitas produk, meskipun investasi yang dibutuhkan sangat besar. Industri olahan daging harus mengusahakan untuk menurunkan suhu agar produk mempunyai daya simpan yang baik.

1

Oleh karena itu di butuhkan cold storage dengan kualitas yang baik karena apabila terjadi kerusakan pada cold storage itu akan berdampak buruk pada daging yang mengakibatkan suhu tinggi dan dapat menimbulkan kerugian karena daging membusuk. Tidak hanya itu sama halnya seperti sayuran jika didinginkan terlalu lama kualias daging juga bisa menurun. Untuk tetap menjaga kualitasnya berikut tips tips untuk menjaga kualitas daging dalam freezer.

  •     Sebelum dibekukan, daging terlebih dahulu dibersihkan dan dipotong sesuai dengan kebutuhan.
  •     Kemudian daging dikemas terpisah (misalnya 200 gram/kemasan) untuk proses  menghindarkan beku-cair-beku yang berulang.
  •     Ambilah daging sesuai kebutuhan tanpa membuka kemasan lainnya untuk menjaga suhu daging.  4.
  •     Suhu freezer yang digunakan untuk mendinginkan daging minimum -18 oC (-18 s/d -40 oC)
  •     Daging dikemas dalam wadah/kantong yang bersih dan tertutup.
  •     Daging dan jeroan harus dikemas terpisah.

Terima kasih, semoga bermanfaat.


Tags: , , ,


Konsultasi Seputar Mesin Industri dan Info Peluang Usaha

  • Phone : 0341-48-22-55
  • Call / SMS : 0853-60-20-2010
  • PIN BBM : 74902334
  • Alamat : Little Kyoto, Jl. Ikan Gurami C-1 Malang Jatim

Bagikan Ke teman:

Produk Mesin yang Berkaitan