Mengenal Mesin Mixer Roti Jenis Stand MIxer

Planetary mixer adalah mesin mixer roti yang merupakan salah satu jenis stand mixer. Mesin mixer roti ini bekerja berdasarkan teory perputaran planet, dimana beater berputar mengitari bowl dan bowl tidak berputar, sehingga menghasilkan adonan yang rata dan lembut. Bagi pemilik usaha bakery pasti sudah tidak asing lagi dengan mesin roti yang satu ini karena menggunakan mesin mixer roti planetary mixer sangat praktis dan kita bisa melakukan apa saja karena tangan tidak terikat dengan hanya mengaduk adonan. Menggunakan mesin mixer roti ini harus tetap dijaga meskipun kita tidak ikut dalam proses megaduknya karena mixer roti jenis stand mixer mempunyai kecepatan yang cukup tinggi dibandingan dengan hand mixer dan bisa memuat adonan yang banyak. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat menggunakan mesin mixer roti yang berjenis stand mixer. Seperti berikut ini :

 

  • Dengan adonan yang relatif banyak kita harus sering mengawasi apabila adonan menempel pada piggiran mixer harus segera kita bersihkan ke tengah agar tercampur dengan adonan yang lain dan bersihkan dengan menggunkaan alat dari karet agar tidak terjadi gesekan dengan baling-baling pengocok adonan yang terbuat dari metal. Saat melakukan ini sebaiknya mesin mixer roti di matikan terlebih dahulu.
  • Siapkan bahan adonan tidak jauh dari mesin mixer roti agar anda tetap bisa mengawasi adonan.
  • Mesin mixer roti jenis stand mixer ini membutuhkan tempat yang lebar, jadi lakukanlah ditempat yang luas agar lebih bebas.
  • Pilihlah stand mixer dengan kedalaman bowlnya tidak terlalu dalam, jika bowl adonan terlalu dalam kemungkinan udara terhambat masuk ke adonan. Kekurangan udara dapat menghambat adonan mengembang. Apabila adonan tidak mengembang sempurna akan membuat teksture kue bantat alias lebih padat. Belilah mesin mixer kue dengan bowl adonan yang besar dengan lekukan yang luwes sehingga bisa membuat adonan kue atau roti dengan kapasitas yang besar.
  • ¬†Perhatikan alat pengaduk. Umumnya dalam stand mixer ada 3 type yaitu Spiral untuk mengaduk adonan tepung dan jenis bahan makanan yang kental, Beater mengaduk keju, mentega,dan adonan pastry dan yang terakhir whip digunakan untuk mengaduk makanan encer seperti cream, telur dan susu segar.

Membuat kue atau roti menggunakan mixer roti planetary mixer, membuat pekerjaan kita lebih ringan dan kita lebih leluasa untuk membuat berbagai macam kue karena kapasitasnya yang besar dan kecepatan yang maksimal. Semakin nyaman mesin mixer roti yang digunakan semakin besar kemungkinan hasil yang memuaskan.

mesin mixer roti planetary mixer

 




Konsultasi Seputar Mesin Industri dan Info Peluang Usaha

  • Phone : 0341-48-22-55
  • Call / SMS : 0853-60-20-2010
  • PIN BBM : 74902334
  • Alamat : Little Kyoto, Jl. Ikan Gurami C-1 Malang Jatim

Bagikan Ke teman:

Produk Mesin yang Berkaitan