Macam-Macam Memasak Menggunakan Minyak

Menggoreng merupakan salah satu teknik memasak yang menggunakan minyak atau lemak sebagai media pengantar panas. Dalam teknik ini memerlukan waktu yang singkat. Ada banyak macam dan jenis teknik memasak dengan cara ini mulai dari perbedaan jumlah minyak dan bentuk wajan yang berbeda. Berikut ini macam-macam teknik memasak menggunakan minyak :

Goreng

1. Teknik Menggoreng Tumis

Teknis tumis atau disebut dengan Sauteing menggunakan sedikit minyak dengan suhu yang tinggi. Sebelum di masak makanan terlebih dahulu dipotong kecil-kecil karena makanan akan dipanaskan langsung secara konduksi dari panci. Jika makanan sudah kecokelatan aduk dengan spatula atau Anda dapat menggoyangkan wajan supaya makanan matang merata. Dengan teknik ini Anda menggunakan wajan yang datar

2. Teknik Menggoreng Stir Frying

Jika dilihat memang hampir sama dengan teknis sebelumnya sauteing, pada teknik sama menggunakan suhu yang tinggi. Namun yang membeda jumlah minyaknya agak banyak. Teknik ini sering di aplikasikan pada makanan China, makanan akan dipanaskan melalu konduksi cairan. Cara memasaknya dengan memasukkan bahan-bahan makanan aromatik baru daging, sayuran, serta bahan cair lainnya. Teknik Menggoreng Stir Frying menggunakan wajan wokyang sering diguncang-guncangkan atau dimiringkan sedikit supaya nyala api dapat membakar minyak dalam makanan. Setelah makanan ditumis Anda harus menambahkan air kemudian wajan ditutup seperti makanan di kukus

3. Teknik Menggoreng Pan Frying

Hampir sama sperti teknik sebelumnya yaitu menggunakan sedikit minyak yang melumasi wajan. Hanya yang membedakan ukuran makanan yang akan dimasak lebih besar, sehingga perlu sering-sering dibolak balik supaya matang merata. Makanan dipanaskan melalui minyak yang ditransfer.

4. Teknik Menggoreng Shallow frying

Teknik penggoreng satu ini menggunakan minyak dengan tinggi sepertiga atau setengah makanan. Kebanyakan minyak yang telah digunakan dibuang dan hanya digunakan satu kali. Tak sedikit makanan dilumuri terlebih dahulu dengan tepung, setelah kecokelatan makanan harus di bolak-balik supaya dapat matang merata.

5. Teknik Menggoreng Deep Frying

Di antara semua teknik di atas teknik ini menggunakan minyak paling banyak. Pada teknik ini mengharuskan Anda merendam semua permukaan makanan didalam minyak yang panas. Dalam teknik ini menggunakan alat yang bernama deep fryer yang memiliki keranjang peniris minyak serta pengatur suhu (termostat) namun bisa juga digunakan di wajan biasa.

 

 


Tags: , , ,


Konsultasi Seputar Mesin Industri dan Info Peluang Usaha

  • Phone : 0341-48-22-55
  • Call / SMS : 0853-60-20-2010
  • PIN BBM : 74902334
  • Alamat : Little Kyoto, Jl. Ikan Gurami C-1 Malang Jatim

Bagikan Ke teman:

Produk Mesin yang Berkaitan