Lezatnya bisnis modern bakery di Indonesia

Roti adalah salah satu kudapan favorit masyarakat di seluruh dunia. Di tiap-tiap belahan dunia, ada berbagai macam jenis roti dengan rasa yang lezat dan bentuk yang beraneka ragam. di beberapa negara, roti juga menjadi makanan utama pendamping lauk pauk. Sebut saja roti pita dan maryam dari Timur Tengah, roti baegel dan pizza dari Eropa, roti burger dari benua Amerika, dan berbagai jenis roti lainnya dari seluruh penjuru dunia.

Di Indonesia sendiri, roti memang bukan menjadi makanan pokok, meskipun beberapa orang lebih suka menyantap roti sebagai menu sarapan atau makan siang. Di Indonesia roti lebih cenderung menjadi makanan selingan atau kudapan. Berbagai jenis roti dari yang klasik seperti bluder, roti tawar, atau roti dengan berbagai jenis rasa lainnya seperti roti isi keju, selai nanas, daging, atau kacang hijau seringkali kita jumpai di toko-toko bakery dengan harga bervariasi dari yang murah hingga yang premium atau mahal. Semuanya tergantung dari komposisi dan kualitas bahan masing-masing roti, juga tergantung dari pasar yang dituju oleh masing-masing toko bakery.

Melihat hal ini, tentunya dapat kita simpulkan bahwa bisnis roti di Indonesia sangatlah menjanjikan. Sebab dari tahun ke tahun selalu saja bermunculan merk-merk bakery baru atau jenis-jenis roti model baru seperti roti unyil yang mulai booming sejak awal tahun 2000-an, berbagai jenis roti raksasa rasa caramel atau kopi yang bisnisnya bersifat franchise yang booming sejak tahun 2010-an, berbagai macam roti dengan topping khas nusantara seperti; roti topping rendang, roti rasa kari, roti kacang hijau, roti vla durian, dan lain-lain. Hingga saat ini, dapat kita simpulkan bahwa bisnis modern bakery sangatlah menjanjikan dan menguntungkan. Sebab, dengan kreatifitas dan kepandaian kita memadu padankan konsep roti yang berasal dari benua Eropa dengan keanekaragaman rasa khas nusantara, hal ini tentunya dapat menjadi peluang usaha baru yang berprospek cerah.

Selain berbagai variasi rasa roti itu sendiri, hal-hal yang dapat mendukung kelezatan dari roti adalah kualitas bahan dan teknik pada saat kita membuat adonan roti. Keduanya haruslah dilakukan secara berimbang. Jangan sampai terjadi ketika rasa, bentuk, dan penampilan roti buatan kita sudah menarik dan indah, ternyata pada saat digigit roti itu terasa kasar atau keras teksturnya. Hal-hal tersebut seringkali kita jumpai pada roti-roti yang di jual di pasaran kelas menengah ke bawah dengan harga yang murah.

Jadi, apakah roti yang enak harganya harus selangit? Tentu tidak!

Sebab, sebenarnya semuanya juga tergantung pada proses pengulenan adonan. Biasanya, kegagalan ketika proses pengulenan adonan roti secara manual adalah tidak meratanya bahan-bahan roti saat diuleni. Hal ini dapat menyebabkan tekstur roti tidak sempurna. Selain itu ada juga kasus roti yang keras atau bantat, sebab saat proses pengembangan tidak dapat mengembang sempurna karena suhu yang tidak teratur.

Nah, untuk permasalahan-permasalahan di atas, kini telah hadir solusi praktis dan efisien bagi anda para pengusaha bakery atau penghobi bakery yang lebih suka membuat roti anda sendiri di rumah, yaitu dengan menggunakan mixer roti dan mesin pengembang adonan.

Ada berbagai jenis mesin mixer roti dan mesin pengembang roti di toko kami yang tentunya akan sangat bermanfaat terutama bagi efisiensi waktu dan tenaga pada saat proses pengulenan adonan roti dan pada saat proses pengembangan adonan.

Kriteria mesin mixer roti dan mesin pengembang adonan yang kami sediakanpun bermacam-macam sesuai dengan kapasitas masing-masing mesin. Apabila anda seorang penghobi bakery yang suka bereksperimen dalam membuat roti anda sendiri di rumah untuk kebutuhan pribadi, anda bisa menggunakan mesin pengaduk planetary mixer tipe VFM-7B dengan kapasitas tepung hingga 0.75 Kg dan daya listrik yang relatif kecil yakni 320 watt. Bowl volume dari mesin ini adalah 7 liter. Sangat pas untuk anda para penghobi bakery di rumah.

Apabila anda sedang memulai atau sudah menjalankan bisnis bakery baik rumahan maupun skala besar anda dapat memilih beragam jenis mesin mixer roti yang dapat menangani proses mixing skala besar yang ada di toko kami sesuai dengan kapasitas yang anda butuhkan serta dengan budget yang sesuai dengan anda. Contohnya saja Planetary Mixer tipe B-60A dengan kapasitas tepung hingga 20Kg dan bowl volume hingga 60 liter. Daya yang diperlukan untuk mesin ini adalah hingga 2800 watt.

Untuk mesin pengembang, anda dapat meminimalisir kegagalan yang disebabkan oleh ketidakteraturan suhu dengan mencoba mesin pengembang yang ada di toko kami, contohnya mesin pengembang FX-15J yang memiliki dimensi 49 cm x 79 cm x 205 cm dengan kapasitas 15 loyang berderet ke atas dan kapasitas daya 2400 watt.
roti


Tags: , , ,


Konsultasi Seputar Mesin Industri dan Info Peluang Usaha

  • Phone : 0341-48-22-55
  • Call / SMS : 0853-60-20-2010
  • PIN BBM : 74902334
  • Alamat : Little Kyoto, Jl. Ikan Gurami C-1 Malang Jatim

Bagikan Ke teman:

Produk Mesin yang Berkaitan