Lebih Nyaman Dengan Kompor Gas

Kompor gas kini sudah menjadi alat masak yang lazim ada di setiap dapur keluarga Indonesia. Seperti kita ketahui bahwa hal tersebut dikarenakan beberapa tahun yang lalu pemerintah dengan kebijakan energinya mengkonversi bahan bakar rumah tangga dari minyak tanah ke gas LPG. Memang banyak keunggulan yang di dapatkan dengan menggunakan kompor gas seperti bentuk lebih simpel, lebih mudah penggunaannya, dan lebih bersih dengan api yang berwarna biru. Untuk barang yang sangat simpel tentu saja kompor gas mempunyai kelebihan dan kekurangan. Berikut gambaran dari kelebihan dan kekurangan kompor gas yaitu cepat panas, bisa kapan saja dinyalakan dan dimatikan tanpa harus menggunakan korek, praktis dan lebih hemat. Untuk kekurangannya yaitu, bahaya meledak, bocor selang gas.

Oleh karena itu saya akan menjelaskan bagaimana cara menggunakan kompor gas dengan baik beserta tips-tips untuk merawatnya.

Langkah-langkah menggunakan kompor gas.

  1. Periksa tabung, apakah ada kebocoran ataukah tidak. Hal ini bisa dilakukan dengan melihat penampilan tabung, mencium atau membaui, mendengarkan bila ada desis kebocoran pada bagian katup tabung, ataupun dengan cara mencelupkan tabung ke dalam air.
  2. Pasang regulator, pastikan tidak ada kebocoran dengan cara mendengarkan kemungkinan adanya bunyi desis bila ada kebocoran atau adanya bau menyengat. Bila masih juga terjadi kebocoran, ganti karet katupnya (pilih yang masih kenyal).
  3. Karena memang konstruksi hubungan antara tabung dan regulator yang kurang bagus (akan lebih bagus bila menggunakan sistem ulir), lebih baik lagi kalau kita tambahkan sebuah karet sil pada bagian dalam moncong tabung. Karet sil ini berbentuk seperti “donat” yang dapat diperoleh di toko kendaraan bermotor. Pilih yang ukuran diameternya sekitar 4 milimeter. Pengalaman penulis, cara ini cukup ampuh untuk mengatasi kebocoran gas.
  4. Gunakan regulator maupun selang yang baik. Untuk menghindari kerusakan akibat gigitan tikus, pilih selang yang dilapisi logam.
  5. Bila pada pagi hari atau setelah ditinggal bebergian ruangan tercium bau yang menyengat segera buka pintu atau jendela agar bau hilang terlebih dahulu. Jangan sekali-kali menghidupkan kompor atau lampu yang berpotensi menimbulkan lentikan bunga api. Periksa adanya kemungkinan kebocoran pada tabung/selang.
  6. Tingkatkan pengetahuan kita tentang kompor gas dan cara penggunaannya. Dengan maraknya ledakan kompor yang terjadi, tidak perlu menjadikan kita takut yang berlebihan. Yang perlu kita lakukan adalah menambah pengetahuan tentang seluk-beluk kompor/tabung gas agar dapat menggunakannya dengan aman.

Mungkin beberapa diantara kita pernah menemui masalah seperti ini.

  • Permukaan kompor terlihat kotor.
  • Nyala api kurang maksimal karena tersumbatnya lubang tempat keluarnya api oleh jelaga/kotoran. Warna api menjadi merah akibat ikut terbakarnya jelaga/kotoran yang menempel pada lubang tempat keluarnya api sehinggga akan terlihat asap hitam dan terc1um bau gosong.
  • Pemakaian gas menjadi boros karena nyala api yang tersumbat.

Agar tidak terjadi demikian berikut cara membersihkan dan merawat kompor gas.

Cara membersihkandan merawat kompor gas:

1

  1. Lepaskan dudukan alat masak dari kompor kemudian bersihkan kotoran yang menempel pada dudukan alat masak tersebut dengan lap basah yang telah dicelupkan ke dalam air yang telah bercampur sabun cuci piring bila perlu sikat sampai bersih dan dibilas. keringkan dengan kain lap atau dijemur dibawah sinar matahari.
  2. Lepaskan besi tempat keluarnya api (bentuknya bundar dan pinggirannya bergigi) lalu bersihkan.
  3. Lepaskanlah bagian kompor yang berfungsi menyalurkan gas dari pemantik ke besi tempat keluarnya api, cara melepasnya adalah dengan melepaskan pengunci , setelah itu angkatlah bagian penyalur tadi ke atas dan ditarik ke arah belakang kompor. cara membersihkannya dengan spon lembut yang diberi cairan cuka dapur, boleh juga dengan sabun pencuci piring yang mengandung aroma jeruk atau lemon. lalu semprot dengan air ke dalam kedua lobang yang ada di masing masing ujungnya agar kotoran yang ada di dalam ikut terangkat.
  4. Pasang kembali semua komponen kompor seperti semula. coba nyalakan, sekarang nyala kompor anda menjadi sempurna dan terlihat bersih seperti baru.
  5. Bersihkanlah badan kompor dengan lap kering untuk membersihkan kotoran yang tebal kemudian bersihkan dengan lap lembab yang telah diberi cairan cuka dapur, boleh juga dengan sabun pencuci piring yang mengandung aroma jeruk atau lemon agar lemak dan sisa minyak terangkat.

Terima kasih, Semoga Bermanfaat.


Tags: , , , ,


Konsultasi Seputar Mesin Industri dan Info Peluang Usaha

  • Phone : 0341-48-22-55
  • Call / SMS : 0853-60-20-2010
  • PIN BBM : 74902334
  • Alamat : Little Kyoto, Jl. Ikan Gurami C-1 Malang Jatim

Bagikan Ke teman:

Produk Mesin yang Berkaitan