Jenis-Jenis Penggiling Kopi

mesin-penggiling-kopi-(coffee-grinder)-br-01_n1big

  • Blade

Penggiling jenis Blade memang murah tapi menghasilkan ukuran bubuk yang sangat tidak konsisten. Bahkan jika Anda mencoba untuk menggilingnya berunglang kali, tetap saja ukurannya tidak berubah. Penggiling pisau/blade ini tidak lebih dari sebuh blender kecil yang mengiris, mengoyak, dan menghancurkan biji kopi. Parahnya lagi … karena pisau yang berputar pada kecepatan yang sangat tinggi, sangat mudah untuk memuat kopi terbakar. Menggunakan pisau penggiling untuk menggiling biji kopi hanya cukup untuk satu cangkir saja adalah hal yang sia-sia. Anda harus bereksperimen dengan penggiling pisau tertentu untuk mencapai hasil yang diinginkan.Sebagai aturan, Anda dapat menggiling kopi selama lebih dari 20 detik. Di luar 20 detik Anda berisiko membakar kopi bubuk. Jika Anda menggiling sejumlah kecil kacang, katakanlah untuk satu cangkir kopi, Anda harus mengguncang penggiling seperti grinding. Ketika menggiling tiga ons kacang menggunakan penggiling jenis ini akan menghasilkan hasil terbaik, karena agregatnya hasil yang didapatkan lebih baik dan sirkulasinya lebih alami. Jangan pernah mencoba untuk menggiling kopi dengan waktu dan takaran diluar dari yang direkomendasikan oleh produsen.

  • Burr

Penggiling tangan kuno adalah perangkat yang sangat baik, dan hanya membutuhkan biaya lebih sedikit dari penggiling pisau. Penggiling ini menggunakan penggiling duri, saat belum ada cara signifikan digunakan dahulu. Alat ini bekerja dengan lambat (sekitar satu menit untuk satu cangkir), tetapi hasil bubuknya lebih halus dengan ukuran yang sama, dan tidak membakar bubuk kopi. Dimasa kini alat ini masih banyak beredar, dan ukuran gilingannya dapat disesuaikan dari butiran kasar hingga menjadi bubuk halus. Penggiling jenis ini kini juga banyak yang dipasangkan motor listrik untuk menggerakkannya, sehingga membutuhkan usaha yang lebih sedikit dengan lebih cepat.

  • Disc and Conical

Disc dan Conical adalah jenis penggiling yang menggiling dengan amat tepat. Penggiling ini memiliki gerigi atau alur pada cakram atau kerucutnya. Biji kopi jatuh diantara dua cakram atau kerucut, salah satunya berputar sementara yang lain tetap diam. Ujung-ujung yang tajam dari alur tersebut adalah yang dipakai untuk memotong kacang dan hasilnya dapat menggiling dengan hasil konsisten. Ini adalah penggiling pilihan untuk kopi kualitas tinggi, tetapi tentu harganyapun cukup mahal.

  • Peringatan

Jangan menggiling rasa kopi dalam satu alat yang sama. Rasa ekstrak kopinya akan melapisi disc grinding dan hampir tidak mungkin hilang. Ekstrak rasa dalam penggiling tersebut akan memberikan rasa pada kopi lainnya. Penggiling pisau dapat dibersihkan, tetapi Anda harus ingat bahwa Anda harus membersihkan semua bagiannya sebelum Anda menggiling jenis kopi yang lain.




Konsultasi Seputar Mesin Industri dan Info Peluang Usaha

  • Phone : 0341-48-22-55
  • Call / SMS : 0853-60-20-2010
  • PIN BBM : 74902334
  • Alamat : Little Kyoto, Jl. Ikan Gurami C-1 Malang Jatim

Bagikan Ke teman:

Produk Mesin yang Berkaitan