Jenis Jenis Mixer

Mixer adalah alat yang bisa digunakan untuk mengaduk adonan kue, roti, mie dll. Sesuai dengan namanya mix / mixer yang dalam bahasa inggris bermakna pengaduk. Alat ini sudah umum atau mungkin sudah banyak yang mengetahui fungsi dan kelebihan menggunakan mixer. Seperti yang beredar dipasaran, banyak sekali jenis mixer yang sudah di perjual belikan, dari jenis mixer, merk mixer, kapasitas dan bahkan sampai kepada kualitas. Beberapa mixer yang sudah kita ketahui mungkin seperti mixer kecil yang sering diguanakan untuk membuat kue, namun tidak sampai di situ. Seiring dengan meningkatnya kebutuhan dan meningkatnya pengetahuan mesin mixer telah mengalami banyak kemajuan.

Berikut ini adalah beberapa jenis mixer yang mempunyai fungsi khusus untuk pengadukan :

1. Planetary Mixer

Planetary Mixer adalah mixer yang berkerja seperti teory perputaran planet, dimana beater berputar mengitari bowl dan bowl tidak berputar, sehingga menghasilkan adonan yang rata dan lembut.

Planetary Mixer sendiri dibedakan menurut kemampuannya, yaitu :

  • Frequency Adjustable Mixer : Planetary mixer jenis ini mempunyai kecepatan pengadukan yang bisa dengan mudah kita atur, kecepatan yang dimiliki bekisar 40 ~ 300 RPM
  • Mixer Kecepatan tetap : Planetary mixer jenis ini mempunyai kecepatan yang sudah tetap , yaiut dengan menggunakan tombol yang sudah diset, kecepatan yang dimiliki¬† mulai 65 ~ 373 RPM

walaupun dari kecepatan sudah di bedakan, namun semua planetari mixer tersebut mempunyai 3 fungsi pengadukan :

  • Spiral : Mengaduk adonan tepung & jenis bahan makanan yang sangat kental
  • Beater : Mengaduk keju, adonan pastry dan croissant, aneka tepung, mentega
  • Whip : Mengaduk bahan makanan encer, seperti : cream, telur, susu segar

HLM-7B

2. Spiral Mixer

Spiral Mixer adalah mixer khusus yang bisa digunakan untuk membuat adonan kental dengan kapasitas besar sehingga mampu menghasilakn adonan yang merata dan lembut. kecepatan yang digunakan bervariasi, mulai 101 ~ 202 RPM.

CS-10

3. Horizontal Dough Mixer

Horizontal Dough Mixer adalah mixer yang mempunyai bentuk horizontal, selain untuk membuat adonan roti mixer ini sangat cocok untuk membuat adonan mie, kulit pastel, molen, dll.

1

Terima kasi, semoga bermanfaat.




Konsultasi Seputar Mesin Industri dan Info Peluang Usaha

  • Phone : 0341-48-22-55
  • Call / SMS : 0853-60-20-2010
  • PIN BBM : 74902334
  • Alamat : Little Kyoto, Jl. Ikan Gurami C-1 Malang Jatim

Bagikan Ke teman:

Produk Mesin yang Berkaitan