Chest Freezer yang Efektif dan Efisien

Indonesia adalah negara tropis yang bersuhu relative tinggi, ini membuat beberapa jenis makanan mudah mengalami pembusukan seperti ikan atau seafood lainnya. Banyak berbagai cara yang dilakukan orang untuk mengawetkan ikan agar hasil produksi tidak menurun dan ekonomi tetap stabil sehingga tidak sedikit yang jual chest freezer. Chest freezer merupakan mesin yang banyak di cari orang, maka dari itu banyak produsen yang jual chest freezer dengan berbagai type dan harga yang bermacam-macam. Pada jaman dulu pengawetan ikan secara tradisional dengan cara pengasapan, pengeringan dan penggaraman. Namun hal ini sangat tidak efektif karena mengakibatkan hilangnya cita rasa asli dari ikan. Era modern yang terus berkembang membuat cara yang sangat canggih dan simple untuk proses pembekuan atau penyimpanan ikan yakni dengan adanya Chest Freezer. Pembekuan ikan berarti menyimpan ikan di dalam suhu rendah untuk penyimpanan yang relative cukup lama. Namun proses penyimpan ikan dalam chest freezer banyak yang harus diperhatikan, jika tidak dilakukan dengan semestinya pembekuan justru akan merusak ikan. Pembekuan harus menggunakan suhu yang lebih rendah jauh di bawah titik beku ikan, proses ini mengubah hampir seluruh air di dalam ikan menjadi es yang harus di lelehkan kembali saat akan di gunakan. Pembekuan ikan menggunakan chest frezer untuk dimakan mentah seperti pada restaurant-restaurant Jepang memerlukan pembekuan ekstra dengan suhu yang sangat minim dan dengan perawatan agar sifat asli ikan tidak hilang dan tetap segar ketikan akan dikonsumsi.

Pembekuan ikan dengan cara memasukkanya ke dalam chest freezer tidak dapat membunuh bakteri atau mikroorganisme hanya saja memperlambat perkembangannya, hal ini lebih baik dari pada pendinginan pada ikan. Pembekuan ikan bisa menyimpan ikan selama 3-4 bulan bahakan ada yang tetap bagus dalam 8 bulan lamanya penyimpanan asalakan dengan cara yang benar. Terhambatnya kegiatan bakteri saat pengawetan dikarenakan suhu yang sangat rendah membuat bakteri tidak tahan dan sebagian besar dalam tubuh ikan yang mengandung air telah menjadi es dan persediaan cairan untuk makanan bakteri semakin berkurang sehingga bakteri kesulitan dalam menyerap makanan dalam bentuk larutan.
Chest freezer atau freezer adalah alat yang digunakan untuk pembekuan ikan yang cara bekerjanya dengan menyerap panas dari produk yang di dinginkan dan memindahkan panas itu ke tempat lain dengan perantara bahan pendingin (refrigerant) misalnya amoniak. Jika amoniak dimasukkan ke dalam chest freezer yang diatur titik didihnya (dengan menurunkan tekanan) maka akan menguap sambil menyerap banyak panas dari ruangan tertutup tersebut sehingga ruangan menjadi dingin. Pada chest freezer proses pendinginan dikendalikan dengan peralatan mekanisme yang canggih sehingga pendinginan atau pengawetan berjalan dengan efektif dan efisien. Meningkatnya kebutuhan hidup akan ikan segar semakin banyak toko mesin yang jual chest freezer. Pilihlah chest freezer sesuai dengan kebutuhan dan keuangan anda.

jual mesin chest freezer




Konsultasi Seputar Mesin Industri dan Info Peluang Usaha

  • Phone : 0341-48-22-55
  • Call / SMS : 0853-60-20-2010
  • PIN BBM : 74902334
  • Alamat : Little Kyoto, Jl. Ikan Gurami C-1 Malang Jatim

Bagikan Ke teman:

Produk Mesin yang Berkaitan