Cara Menyimpan Seafood Yang Benar

Ikan, udang, kerang, udang air tawar dan lobster merupakan bahan makanan yang mudah sekali rusak (busuk) hal ini dikarena mikrona pembusuk atau pathogen bertumbuh sangat cepat. Oleh karena itu seafood harus segera diolah atau disimpan dengan suhu yang pas supaya mikroba atau pathogen tidak berumbuh.

cara menyimpan seafod

Mikobra atau pathogen dapat tumbuh sangat mudah pada suhu 5 sampai 60 derajat celcius, sehingga usahakan seafood tidak terpapar dengan suhu tesebut dalam jangka waktu yang lama. Jika Anda ingin menyimpan seafood ada sebaiknya pastikan dahulu apakah seafood masih bermutu baik. Untuk dapat memperoleh mutu yang baik, maka simpan seafood yang bermutu baik dan segera dinginkan atau bekukan. Jangan membekukan seafood yang bermutu rendah atau nyaris rusak.  Seafood beku bermutu rendah akan segera menjadi rusak (busuk) ketika es-nya dicairkan (dithawing) atau ketika produk diolah.

1. Penyimpanan Pada Suhu Dingin

Penyimpanan ini di lakukan di dalam refrigerator. Jika saat Anda membeli seafood segar dan dalam kondisi dingin (bukan beku) maka seafood dapat Anda simpan di dalam refrigerator. Lama penyimpanan didalam refrigerator yaitu 1 hari sampai 2 hari saja dengan suhu yang tidak lebih dari 5 derajat celcius. Untuk menjaga suhu seafood tetap stabil jangan pernah isi refrigerator hingga penuh. Simpan seafood didalam wadah/kemasan makanan yang bersih, tidak bocor dan tertutup rapat. Jangan pernah menyimpan makanan di dalam wadah terbuka karena akan mengakibatkan terjadinya kontaminasi dengan makanan yang lain.

2. Penyimpanan Pada Suhu Beku

Penyimpanan ini dilakukan di dalam Freezer. Seefood yang disimpan di dalammnya adalah seafood yang sudah beku saat Anda membelinya. Seafood dapat Anda simpan hingga 3 bulan sampai 6 bulan di dalam freezer dengan suhu ideal yang digunakan adalah -18 derajat celcius. Saat menyimpanan seafood di dalam freezer jangan pernah menggunakan wadah yang terbuka simpan di dalam wadah yang bersih, tertutup dan tidak bocor. Simpan seafood pada wadah terbuka akan mengakibatkan terjadinya pengeringan/dehidrasi di permukaan atau yang lebih sering disebut dengan freezer burn. Seafood yang mengalami freezer burn akan mengalami perubahan warna pada permukaannya, penyimpangan citarasa serta perubahan tekstur menjadi kering.


Tags: , , ,


Konsultasi Seputar Mesin Industri dan Info Peluang Usaha

  • Phone : 0341-48-22-55
  • Call / SMS : 0853-60-20-2010
  • PIN BBM : 74902334
  • Alamat : Little Kyoto, Jl. Ikan Gurami C-1 Malang Jatim

Bagikan Ke teman:

Produk Mesin yang Berkaitan