Cara Mengemas Vakum Makanan

Anda dapat mengurangi jumlah makanan basi yang Anda buang dan menghemat uang dengan menggunakan kemasan makanan vakum. Jamur dan bakteri bergantung pada oksigen dan kelembaban untuk berkembang dan merusak makanan. Mesin vakum rumahan dan kantong plastik tebal menjaga makanan segar dalam lingkungan rendah oksigen dan melampaui batas kadaluarsa aslinya. Memperpanjang masa penyimpanan makanan menggunakan kemasan vakum setelah setiap kali dibuka.

mesin-pengemas-makanan-(vacuum-packing-machine)-dz-500a_n1big

Bahan yang Dibutuhkan

  • Gunting
  • Pemotong papan
  • Pisau

 

Panduan

  1. Tinjau ulang kemasan makanan vakum Anda dengan benar untuk membentuk kantong plastik yang terbuka dengan salah satu ujung disegel. Banyak model yang menawarkan tas dispenser built-in yang memungkinkan Anda hanya menarik panjang kemasan yang diinginkan dan menekan ke bawah tutupnya ke kedua segel serta memotong kemasan yang baru. Mesin pembuat kemasan makanan yang lebih tua biasanya mengharuskan Anda untuk memotong lengan kemasan sesuai ukuran dengan menggunakan gunting.
  2. Isilah kemasan dengan makanan sampai tidak lebih dari 2 1/2 inchi tebalnya dengan minimal 3 inchi untuk ruang kosong di bagian atas kemasan. Untuk makanan yang besar perlu dipotong-potong menjadi bagian-bagian kecil terlebih dahulu untuk tetap sesuai dengan ukuran kemasan tersebut.
  3. Sejajarkan ujung kantong plastik yang terbuka sehingga ujung-ujungnya memenuhi sepanjang jalan sebelum menggeser beberapa inchi ke atas di bawah penutup mesin pengemas makanan. Periksa buku petunjuk untuk pengaturan pengemasan yang tersedia. Beberapa mesin pengemas vakum memiliki pengaturan kelembaban makanan dan pengaturan kekuatan yang rendah untuk menghindari menghancurkan makanan yang lunak seperti buah.
  4. Tekan ke bawah penutup mesin pengemas vakum untuk memicu getaran. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan udara dan memulai elemen panas untuk melelehkan plastik dalam kemasan. Proses ini membutuhkan waktu selama satu meni, tergantung pada jumlah udara yang dihilangkan. Kebanyakan mesin pengemas vakum membuat suara-suara mendengus ketika mereka bekerja dan memiliki lampu indikator untuk membiarkan Anda tau bahwa mereka telah selesai bekerja.
  5. Angkat penutupnya untuk mengangkat kemasan yang tersegel dari mesin pengemas vakum dan simpan makanan kemasan vakum ke dalam freezer, kulkas atau pantry. Makanan yang disimpan secara stabil akan terjaga selama bertahun-tahun ketika mereka berada dalam kemasan vakum dan dibiarkan tersegel.
  6. Buka kemasan vakum dengan hati-hati, potong tepat di bawah segel sehingga kemasan tersebut memiliki cukup panjang plastik untuk disegel kembali. Jika Anda melihat mesin sedang berjuang untuk membuat segel, periksa kembali kemasan dan tusukannya.

 

Tips dan Peringatan

Banyak mesin segel yang dilengkapi dengan aksesoris selang yang dapat digabungkan dengan kaca tebal atau wadah penyimpanan plastik untuk membuat segel kedap udara. Hal ini tidak mungkin menghilangkan banyak udara dari wadah yang kaku seperti kantong plastik yang lentur. Karena alasan inilah, kantong plastik yang memiliki ukuran direkomendasikan untuk penyimpanan sebagian besar makanan dalam jangka panjang.




Konsultasi Seputar Mesin Industri dan Info Peluang Usaha

  • Phone : 0341-48-22-55
  • Call / SMS : 0853-60-20-2010
  • PIN BBM : 74902334
  • Alamat : Little Kyoto, Jl. Ikan Gurami C-1 Malang Jatim

Bagikan Ke teman:

Produk Mesin yang Berkaitan