Cara Membuat Maki Sushi Roll

Maki Sushi merupakan sushi yang berupa gulungan nasi yang di gulung di dalam nori atau rumput laut berisikan potongan mentimun, tamagoyaki dan neta lain. Nasi digulung dengan bantuan sudare (anyaman bambu bentuk persegi panjang).

Berikut ini cara mudah membuat Maki Sushi :

Taruhlah Nori

cara-membuat-maki-sushi-1

Tempatkan selembar rumput laut atau nori diatas tikar sushi Anda. Lembar rumput laut atau nori memiliki sisi kasar dan sisi halus, tempatkan nori dengan posisi sisi kasar menghadap ke atas. Anda dapat memperoleh nori kering yang sudah dijual di beberapa supermarket yang ada di Asia atau Indonesia.

Letakkan Nasi di Atas Nori

cara-membuat-maki-sushi-2

Saat Anda menaruh nasi diatas nori pastikan semua merata dan harus mencakup semua tepi atau bisa dikatakan semua bagian nori tertutup dengan nasi. Mulailah dengan menempatkan bola di tengah lembaran nori, kemudian menyebarnya secara merata. Gunakan jari Anda untuk menyebarkan nasi diatas nori. Jauhkan tangan Anda yang basah dengan campuran air dan cuka beras. Jangan menekan atau tumbuk beras, atau tidak akan menempel dengan baik ketika bergulir.

Mulai menempatkan bahan mengisi Anda.

cara-membuat-maki-sushi-3

Tempatkan bahan-bahan di atas , dimulai pada tepi dekat lapisan beras. Masing-masing bahan harus sejalan sendiri, dengan setiap baris ditempatkan ruang kecil dari yang sebelumnya.

Beberapa kombinasi bahan maki umum:

  • Tuna atau salmon dasar gulungan: gulungan ini biasanya hanya hanya memiliki tuna atau salmon digulung, tanpa bahan-bahan lainnya.
  • Ahi gulungan: Yellowfin, mentimun, lobak, alpukat.
  • Udang tempura roll: udang tempura, alpukat, mentimun.
  • Phoenix gulungan: salmon, tuna, kepiting tongkat, alpukat, tempura adonan (goreng).
  • Jika ikan mentah yang akan digunakan, penting untuk hanya menggunakan ikan ahli disiapkan untuk menghindari keracunan makanan dan parasit cacing pita.

Pegang tepi matras dengan ibu jari Anda

cara-membuat-maki-sushi-4

Mulailah dengan tepi yang memiliki bahan pertama. Angkat nori dan melipatnya di atas bahan pertama. Pastikan untuk menjaga bahan-bahan di tempat dan nasi tongkat bersama-sama.

Terus bergulir sushi

cara-membuat-maki-sushi-5

Selipkan ujung depan nori ke dalam gulungan, dan ambil tikar sushi Anda terus gulung sushi. Gulung perlahan sehingga sushi tidak ada yang keluar

Kencangkan gulungan

cara-membuat-maki-sushi-6

Anda akan perlu untuk mengencangkan gulungan untuk menjaga bahan-bahan supaya tidak jatuh saat Anda memotongnya. Ingatlah untuk mengencangkan roll dengan tikar sushi Anda, ingat tidak terlalu ketat. Roll sushi roll bolak-balik di atas tikar untuk mengencangkan dan segel.

Biarkan gulungan  selama satu menit sebelum memotongnya

cara-membuat-maki-sushi-7

Anda dapat menggunakan waktu ini untuk membuat gulungan berikutnya. Masa tunggu ini memungkinkan nori untuk sedikit melembabkan nasi, yang membuat kemungkinan untuk robek sedikit

Potong gulungan

cara-membuat-maki-sushi-8

Potong gulangan perenam atau perdelapan menggunakan pisau yang tajam dan basah. Ketebalan irisan ditentukan oleh jumlah bahan. Jika Anda memiliki lebih banyak bahan dalam gulungan, irisannya harus tipis.

Sushi Siap Dihidangkan

cara-membuat-maki-sushi-9

Sushi yang terbaik bila dimakan setelah dibuat. Hindari pendingin untuk kemudian hari. Bereksperimen dengan bahan yang berbeda sampai Anda menemukan kombinasi favorit Anda.


Tags: , ,


Konsultasi Seputar Mesin Industri dan Info Peluang Usaha

  • Phone : 0341-48-22-55
  • Call / SMS : 0853-60-20-2010
  • PIN BBM : 74902334
  • Alamat : Little Kyoto, Jl. Ikan Gurami C-1 Malang Jatim

Bagikan Ke teman:

Produk Mesin yang Berkaitan