Cara Kerja Panci Presto

Panci Presto merupakan alat masak berbentuk panci yang mampu memasak makanan dengan lebih cepat, lebih sehat, dengan kandungan gizi dan rasa yang tetap terjaga. Alat masak ini disebut pula dengan pressure cooker, karena menggunakan bantuan uap air bertekanan tinggi dalam proses masak memasaknya. Sedangkan cara memasaknya disebut dengan pressure cooking.

Seiring dengan berkembangnya jaman, panci presto (pressure cooker) bukan menjadi barang langka lagi. Banyak produsen yang menawarkan harga terjangkau sehingga panci presto menjadi barang yang dapat kita jumpai hampir di setiap rumah tangga.
Nah disini saya ingin membahas bagaimana prinsip kerja Panci Presto / Pressure Cooker ini. Jadi kita gak cuma suka makan bandeng presto / ayam tulang lunak aja , tapi kita juga bisa tahu bagaimana proses pelunakan itu.

Prinsip dasar yang digunakan pada Panci Presto adalah kenaikan titik didih. Secara teori, air akan mendidih pada suhu 100 derajat Celsius pada tekanan 1 atmosfer. Karena panci presto terbuat dari bahan stainless yang tebal dan kuat serta mempunyai tutup yang rapat, maka uap air yang yang dihasilkan saat proses pendidihan tidak mungkin keluar dan hanya terkumpul dalam panci presto. Air yang terkumpul inilah yang membuat tekanan air dalam panci presto naik, yang menyebabkan temperatur didihnya juga naik menjadi >100 derajat Celsius. Kalau dengan sedikit teori anak sekolahan, itu seperti Persamaan Gas Ideal, dimana PV=CT, dimana P = tekanan; V = volume; T = suhu ; C = konstanta kesebandingan gas, persamaan itu juga biasa disebut Hukum Gay-Lussac. Jadi dapat juga diartikan hubungan antara P dan T bahwa Penambahan tekanan menaikkan titik didih dan titik lebur zat.

art1

Oleh karena itu, panci presto mampu melunakkan daging maupun tulang (atau duri) yang sedang dimasak dalam waktu yang relatif lebih singkat. Sebagai pengaman, maka pada panci presto terdapat katup pengaman yang berfungsi untuk melepaskan tekanan uap pada saat berlebihan, hal ini karena Panci presto menggunakan tutup yang rapat sehingga uap air tidak dapat keluar. Pada waktu tertentu alat ini mencapai ambang batas atau standar dimulainya perhitungan lama pemasakan, yang ditandai bunyi berdesis karena uap air melewati savety valve.

jadi bisa juga di simpulkan memasak dengan menggunakan Panci Presto lebih cepat daripada menggunakan panci biasa, karena panas yang diserap panci terperangkap tidak dapat keluar lagi (sistem tertutup) sehingga tekanan didalam panci pun naik seiring dengan naiknya temperatur dan tidak adanya perubahan volume yang terjadi didalamnya (proses isokhorik)

Semoga Bermanfaat.


Tags: , ,


Konsultasi Seputar Mesin Industri dan Info Peluang Usaha

  • Phone : 0341-48-22-55
  • Call / SMS : 0853-60-20-2010
  • PIN BBM : 74902334
  • Alamat : Little Kyoto, Jl. Ikan Gurami C-1 Malang Jatim

Bagikan Ke teman:

Produk Mesin yang Berkaitan