Tips Membuat dan Manfaat Jus Untuk Kesehatan

Jus adalah minuman sehat yang mengandung banyak nutrisi serat. Banyak dimanfaatkan bagi orang yang tidak suka makan sayur dan buah, dengan menjadikannnya dalam bentuk minuman. Namun membuat jus tidak sembarangan, karena asal membuat jus bisa membuat vitamin dan seratnya malah berkurang. Proses pembuatan jus tidak semua harus mengupas kulit untuk beberapa buah gizi juga ada dalam kulitnya. Mengapa harus dijadikan jus? karena bagi mereka yang sangat sulit makan sayur dan buah serta para penderita penyakit kanker yang harus minum jus 3 Liter sehari atau setara dengan 9 Kg akan sangat kesususahan. Juice dibuat dengan meremas enzym-enzym yang berada dalam daging buah untuk dimanfaatkan oleh tubuh yang tidak bisa didapat apabila kita memakan buah langsung karena sangat sulit di serap dan tidak bisa begitu saja masuk ke dalam darah yanng akhirnya enzim-enzim tambahan terbuang begitu saja.

jus buah sehat

Tips membuat jus yang benar

  1. Cuci buah dengan bersih untuk menghilangkan peptisida atau menghilangkan zat kontaminasi dari luar.

  2. Untuk buah dan sayur yang kulitnya bisa dimakan sebaikknya jangan dikupas seperti buah apel.

  3. Jangan menyimpan jus terlalu lama setidaknya 2-4 jam setelah membuat jus harus sudah dikonsumsi. Apabila memang perlu untuk disimpan, simpanlah pada suhu rendah. Misalnya dengan menggunakan botol yang tidak tembus cahaya.

  4. Jangan terlalu banyak menggunakan gula atau madu.

  5. Minum jus bersama dengan ampasnya, atau gunakan Juice Extractor yang memisahkan jus dengan ampasnya namun ampasnya sudah diperas dengan baik oleh mesin sehingga enzyme tambahan dapat dimanfaatkan oleh tubuh.

Ada beberapa manfaat jus dan fungsi minum jus antara lain:

  1. Meningkatkan daya tahan tubuh.

  2. Menurunkan kadar kolesterol.

  3. Sebagai anti oksidan dan anti kanker.

  4. Membuat awet muda.

  5. Menurunkan berat badan (diet) dengan catatan mengkonsumsi jus di malam hari sebagai pengganti makan malam, bukan pada pagi hari dikarenakan tubuh manusia masih perlu karbohidrat yang tidak ditemukan pada buah dan sayur.

Minum jus pun ada aturannya jus tidak boleh diminum begitu saja seperti langsung ditelan. Hal ini tidak diperbolehkan karena pencernaan kita tidak memiliki kemampuan untuk menarik unsure didalam zat. Perut membutuhkan enzim yang banyak untuk proses pengolahan secara sempurna. Bila tidak jus hanya akan melewati usu besar tanpa ada penyerapan sehingga manfaat pada jus terbuang sia-sia. Solusinya adalah jus diminum dengan sangat teratur dan lambat, minumlah jus seteguk dan biarkan dalam mulut sekitar 5-10 detik agar enzim yang berada dalam air liur bercampur dengan jus, baru kemudian ditelan. Dan konsumsilah jus 1 jam sebelum makan hal ini disebabkan enzim di dalam mulut masih banyak tersisa sehingga jus dapat diproses dengan baik di dalam tubuh. Dan yang terakhir jangan lupa untuk melakukan perawatan juicer agar jus higienis dan menghasilkan jus yang sehat.




Konsultasi Seputar Mesin Industri dan Info Peluang Usaha

  • Phone : 0341-48-22-55
  • Call / SMS : 0853-60-20-2010
  • PIN BBM : 74902334
  • Alamat : Little Kyoto, Jl. Ikan Gurami C-1 Malang Jatim

Bagikan Ke teman:

Produk Mesin yang Berkaitan