Macam-macam Oven dan Kegunaannya

Oven adalah salah satu perabotan dapur yang sangat akrab bagi ibu-ibu yang suka masak atau gemar membuat kue. Apalagi bagi anda yang mempunyai usaha catering dan usaha bakery. Oven adalah salah satu peralatan yang sangat dibutuhkan untuk memanggang kue dan mengahsilkan kue yang lezat. Memanggang kue susah-susah gampang bagi anda yang tidak akrab dengan proses memanggang kue, akan tetapi bagi anda yang sudah biasa akan terasa sangat mudah dan menyenangkan. Oven tidak hanya ada satu jenis, banyak jenis oven yang diproduksi sesuai dengan apa yang kita butuhkan.
Ada 4 jenis oven yang umum digunakan seperti:

  1. Oven skala rumah tangga adalah jenis oven yang biasanya digunakan menggunakan sumber api dari kompor minyak tanah maupun gas, biasanya tidak dilengkapi dengan pengatur suhu serta timer. Biasa digunakan untuk keperluan ibu-ibu rumah tangga atau industri rumahan.
  2.  Oven semi profesional adalah jenis oven yang digunakan menggunakan gas atau listrik, yang sudah dilengkapi pengatur suhu dan timer namun belum akurat karena masih belum bisa mengatur suhu panas antara bagian atas dan bawah. Biasa digunakan oleh toko roti atau usaha bakery yang dengan kapasitas produksi tidak terlalu besar.
  3.  Oven Profesonal adalah jenis oven yang biasa menggunakan listrik untuk proses pemanggangan ada juga yang menggunkan gas namun harus menggunakan tabung LPG 60 Kg, dilengkapi dengan timer dan pengatur suhu atas dan bawah serta dilengkapi dengan sinyal suara apabila proses pemanggangan selesai. Ada 2 jenis oven profesional yang biasa digunakan yaitu Gas Baking Oven dan Gas Deck Oven lebih praktis dan menghemat tempat. Oven dioperasikan menggunanakn gas LPG sedangkan Proofer menggunakan listrik. Biasa digunakan oleh toko bakery atau usaha industri jenis menengah yang kapasitas produksinya banyak dan butuh proses yang cepat.
  4. Oven Industry adalah jenis oven yang berskala besar dengan panjang mencapai 10 meter sampai 100 meter bahkan ada yang 150meter, untuk lebar sekitar 50 meter sampai 150 meter. Oven industry menggunakan rel agar proses pemanggangan cepat dan otomatis. Dilengkapi dengan pengatur suhu, timer, dan pengatur ekstraksi udara. Dan bahkan setiap zone atau bagian pemanggangan oven dapat diatur suhu yang berbeda-beda. Untuk proses pemanggangan sama dengan oven profesional menggunakan listrik dan gas.

mesin-pembakar-(gas-baking-oven)-rfl-36_n1big

Sekilas informasi mengenai macam-macam oven semoga bermanfaat bagi anda, gunakan oven sesuai dengan kebutuhan agar menghasilkan bakery yang sesuai harapan. Terimakasih




Konsultasi Seputar Mesin Industri dan Info Peluang Usaha

  • Phone : 0341-48-22-55
  • Call / SMS : 0853-60-20-2010
  • PIN BBM : 74902334
  • Alamat : Little Kyoto, Jl. Ikan Gurami C-1 Malang Jatim

Bagikan Ke teman:

Produk Mesin yang Berkaitan